Senin, 26/11/2018

Bagaimana Menjadi Tegas di Tempat Kerja, Tanpa Menjadi Bossy ?

Senin, 26/11/2018

Sumber Foto : jobstreet.co.id

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Bagaimana Menjadi Tegas di Tempat Kerja, Tanpa Menjadi Bossy ?

Senin, 26/11/2018

logo

Sumber Foto : jobstreet.co.id

Memiliki kepercayaan diri untuk bersikap tegas di tempat kerja adalah penting, tetapi mengetahui bagaimana menjadi tegas tanpa menjadi bossy adalah sama pentingnya. Bersikap hormat terhadap keduanya; Anda harus menunjukkannya untuk mendapatkannya. Jika orang tidak menghormati Anda, Anda tidak akan menjadi pemimpin yang efektif. Jadi, yakinlah, tetapi jangan menjadi sombong.

Berikut cara bersikap tegas di tempat kerja tanpa membuat orang lain kesal:

1. Jangan sombong

Anda harus berbicara ketika Anda memiliki pendapat atau saran untuk dibagikan, tetapi jangan menganggap Anda tahu segalanya. Tunjukkan kerendahan hati dengan mengakui bahwa orang lain mungkin memiliki ide yang lebih baik. Anda bisa percaya diri tanpa menjadi seorang menyebalkan yang tahu segalanya.

2. Pimpin dengan memberi contoh

Orang menghormati mereka yang melakukan lebih daripada banyak bicara. Mengekspresikan pandangan Anda penting untuk menjadi sosok yang tegas di tempat kerja, tetapi pastikan Anda memimpin dengan memberi teladan juga. Anda perlu “menjalankan” pembicaraan untuk menjadi pemimpin yang efektif, atau Anda akan diabaikan sebagai orang yang berbicara tentang permainan yang bagus tetapi tidak tahu apa yang dibicarakannya.

3. Ambillah lebih banyak peran kepemimpinan

Seperti kata pepatah, “Latihan akan menjadikannya sempurna”. Ambil kesempatan untuk mengasah keterampilan kepemimpinan Anda dengan menjadi sukarelawan untuk proyek-proyek manajemen atau tugas yang menempatkan Anda dalam posisi kepemimpinan. Ini mungkin cukup mengintimidasi, tetapi kita hanya bisa tumbuh dengan menerima tantangan. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk meminta anggota tim dan atasan Anda memberikan feedback sehingga Anda akan tahu apa yang harus diperbaiki untuk bergerak maju.

4. Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati

Sama seperti kata-kata yang tepat dapat memproyeksikan kepercayaan diri, begitu juga pilihan kata yang salah akan dapat menggambarkan Anda sebagai rekan kerja yang suka memerintah, dan berusaha terlalu keras untuk menyatakan diri di tempat kerja. Berbicaralah kepada orang lain sebagaimana Anda ingin diajak bicara. Jangan menjadi orang yang pemalu, tetapi juga jangan menggurui.

5. Ketahui apa yang Anda bicarakan

Tidak ada orang yang tahu segalanya, tetapi tidak membuat pernyataan atau klaim besar jika Anda tidak cukup yakin bahwa Anda telah mendapatkan fakta Anda secara langsung. Apa yang lebih buruk daripada tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan adalah membuat klaim berlebihan yang kemudian diketahui tidak benar.

6. Belajar dari para ahli

Bacalah buku tentang kepemimpinan oleh para ahli tentang masalah ini, hadiri lokakarya, dengarkan podcast atau tonton TED. Ada begitu banyak cara belajar yang tersedia bagi kita saat ini. Belajar dari mereka yang tahu seperti apa kepemimpinan yang efektif dan bagaimana mengembangkan keterampilan itu.

Seperti segala sesuatu dalam hidup, semuanya tentang keseimbangan. Keyakinan tanpa arogansi adalah kunci ketika bersikap tegas di tempat kerja. (jsc)

Bagaimana Menjadi Tegas di Tempat Kerja, Tanpa Menjadi Bossy ?

Senin, 26/11/2018

Sumber Foto : jobstreet.co.id

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.