Rabu, 28/11/2018

Benarkah Uap Vape Rusak Paru-Paru ? Simak Penjelasannya

Rabu, 28/11/2018

Foto IG: @ale_muhammad

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Benarkah Uap Vape Rusak Paru-Paru ? Simak Penjelasannya

Rabu, 28/11/2018

logo

Foto IG: @ale_muhammad

SELAMA ini banyak orang menyebut rokok elektrik atau lebih dikenal dengan vape lebih aman dibanding rokok konvensional seperti rokok tembakau. Vape juga seringkali disebut mampu mengurangi ketergantungan terhadap rokok tembakau.

Namun yang tidak diketahui oleh banyak orang, bahwa uap yang ditimbulkan dari hasil pembakaran pada vape justru berbahaya bagi sejumlah orang dengan keluhan tertentu. Meskipun belum ada riset secara menyeluruh terkait hal tersebut, dokter spesialis paru, dr Yahya, Sp.P mengatakan uap dari vape bisa merusak paru-paru pada fase awal, terutama pada mereka yang memiliki riwayat alergi dan bisa menyebabkan asma.

“Jadi dari uap panas essence-nya itu, sifatnya orang-per orang. Sejak 2010 diperkenalkan memang tidak ada data yang menunjukkan ini tapi ada beberapa pasien yang punya asma jadi kambuh gara-gara uap ini. Jadi uap dari rokok elektrik ini berbahaya,” kata Yahya.

Ia memperingatkan bahwa hasil pembakaran logam pada vape sendiri juga berbahaya ketika masuk ke dalam rongga tubuh. Menurutnya ada beberapa logam yang memberikan masalah ke saluran pernapasan. “Jeleknya lagi kalau logam itu yang masuk ke saluran napas sifatnya permanen dan enggak bisa pulih lagi,” ujarnya.

Memilih vape untuk menggantikan rokok bukan cara yang tepat. Beda halnya dengan mengonsumsi permen karet yang tidak menyebabkan gangguan saluran pernapasan.

Oleh sebab itu, meski lebih aman dibanding rokok tembakau, Yahya tetap menyarankan untuk menghindari penggunaan vape. Hal ini terutama bagi mereka dengan usia di bawah 18 tahun, ibu hamil, dan mereka yang belum pernah merokok. (vnc)


Benarkah Uap Vape Rusak Paru-Paru ? Simak Penjelasannya

Rabu, 28/11/2018

Foto IG: @ale_muhammad

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.