Kamis, 29/11/2018

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berpindah Karier

Kamis, 29/11/2018

Ilustrasi net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berpindah Karier

Kamis, 29/11/2018

logo

Ilustrasi net

Berganti pekerjaan atau berpindah karier merupakan hal sulit untuk diputuskan. Meninggalkan kantor dan orang-orang yang telah bekerja sama selama bertahun-tahun semakin mempersulit Anda dalam mengambil keputusan ini. Hal tersebut adalah salah satu alasan mengapa banyak orang masih mempertahankan pekerjaan yang sebenarnya mulai tidak mereka sukai. Tidak ada salahnya berpikir tentang pindah karier ketika hal ini terjadi. Pertanyaannya adalah, kapan dan bagaimana cara merealisasikan rencana tersebut?

Kenapa Anda Harus Pindah Karier?

Meninggalkan pekerjaan layaknya meninggalkan zona nyaman Anda. Membuat keputusan penting seperti pindah pekerjaan adalah hal yang harus Anda pikirkan secara masak-masak. Tanyakan hal-hal berikut sebagai panduan Anda:

- Apa yang paling disukai dari pekerjaan Anda?

- Apa yang paling tidak Anda sukai?

- Apa yang kamu ketahui tentang pekerjaan yang menjadi tujuan perpindahan Anda?

- Skill  apakah yang Anda butuhkan dalam melakukan pekerjaan yang baru?

- Apa alasan utama Anda mempertimbangkan perpindahan karier?

Jika kesimpulan dari jawaban tersebut merefleksikan bahwa Anda memang harus pindah, maka lakukan hal tersebut. Dalam setiap keputusan yang Anda ambil, jelas sudah ada risikonya masing-masing. Namun, jika tetap berpikiran positif maka jangan khawatir terhadap kemungkinan yang buruk yang akan terjadi.

Langkah selanjutnya adalah merencanakan tindakan apa yang akan Anda lakukan. Luangkan waktu untuk menyusun strategi sebelum Anda mengambil keputusan. Perencanaan yang disusun secara teliti adalah kunci keberhasilan Anda dan berikut cara melakukannya:

Rencanakan Karier Baru Anda

Tentukan visi yang jelas atas apa yang hendak dicapai di posisi peran Anda yang baru nanti. Asah skill dan kemampuan ketika mempelajari pekerjaan baru tersebut, jangan lupa juga untuk selalu fokus memberikan yang terbaik pada setiap pekerjaan yang dilakukan. Hal ini dapat membantu Anda melakukan transisi ke tanggung jawab baru  dengan mudah.

Tentukan Waktunya

Mulailah berpikir kapan sebaiknya mengeksekusi rencana pindah karier. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin untuk mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti pinjaman, tagihan rutin dan biaya hidup  di masa yang akan datang. Pikirkan kesesuaian karier dengan jadwal Anda. Tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusun semua prioritas tersebut.

Cari Pekerjaan dengan Bijaksana

Jalankan rencana Anda sebagaimana mestinya ketika sedang mencari pekerjaan baru. Tahan diri Anda untuk menceritakan hal ini pada siapapun bahkan ketika  telah mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika ingin bercerita, maka ceritakanlah hanya kepada Bos  ketika Anda menetapkan untuk segera resign. (jdc)

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berpindah Karier

Kamis, 29/11/2018

Ilustrasi net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.