Kamis, 20/12/2018

Emping Melinjo Turunkan Asam Urat ? Ini Penjelasan Spesialis Gizi Klinis

Kamis, 20/12/2018

Ilustrasi / net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Emping Melinjo Turunkan Asam Urat ? Ini Penjelasan Spesialis Gizi Klinis

Kamis, 20/12/2018

logo

Ilustrasi / net

EMPING renyah dan gurih siapa yang tak suka? Berbahan dasar melinjo, emping selalu jadi camilan favorit atau sebagai pelengkap masakan. Tak hanya dijadikan emping, buah melinjo juga kerap dijadikan pelengkap beberapa menu masakan, seperti sayur asem hingga oseng kulit melinjo.

Meski nikmat, melinjo ternyata banyak ditakuti dan dijadikan pantangan bagi para penderita asam urat karena diyakini mampu memicu kambuhnya penyakit tersebut, benarkah? Ternyata hal itu dibantah oleh spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K). Menurutnya, selama ini banyak sekali informasi seputar melinjo yang diyakini masyarakat ternyata salah kaprah.  Melinjo katanya justru mampu menurunkan asam urat. 

“Ekstrak melinjo malah mampu menurunkan asam urat,” jelas Ida. Ia mengacu pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti Jepang. 

Dalam penelitian itu disebut ekstrak melinjo memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menurunkan asam urat. 

“Banyak orang yang percaya konsumsi melinjo bisa bikin asam urat, padahal tidak demikian, justru sebaliknya. 

Ada sebuah penelitian di Jepang yang menyebut bahwa ekstrak biji melinjo mampu mengatasi asam urat. Dalam penelitiaan tersebut ekstrak melinjo diberikan pada laki-laki sehat, lalu diuji 4 hingga 8 minggu. Hasilnya malah menurunkan asam urat dan nilainya bermakna secara statistik,” tuturnya.

Yang berbahaya adalah cara konsumsi masyarakat. Misalnya, dengan cara di goreng, yang tentu melalui proses pemanasan tinggi, senyawa antioksidan yang bermanfaat itu akan hilang. 

“Yang digoreng atau ditumis dengan minyak, itu akan memengaruhi kadar antioksidannya. Sebaiknya konsumsi melinjo dengan cara direbus,” kata Ida

Tak hanya membahas biji melinjo, dr Ida juga membahas soal manfaat konsumsi kulitnya. 

“Jadi yang selama ini diyakini kulit melinjo juga sebabkan asam urat itu mitos. Kalau kulit dan daunnya justru tinggi kadar serat yang baik untuk masalah pencernaan,” paparnya.

Ada beberapa kondisi yang mengalami tinggi asam urat setelah konsumsi melinjo, namun Ida berujar hal itu tergantung masing-masing individu. 

“Banyak yang berkeyakinan setelah konsumsi melinjo, akan timbul reaksi seperti nyeri sendi, setelah diperiksa pun asam uratnya naik. 

Tapi tidak semua mengalami hal itu. Efek asam urat ini berkaitan dengan gen atau yang disebubt nutrigenomik. Ada reaksi yang berbeda pada masing-masing orang,” tutup Ida. (vnc)


Emping Melinjo Turunkan Asam Urat ? Ini Penjelasan Spesialis Gizi Klinis

Kamis, 20/12/2018

Ilustrasi / net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.