Kamis, 10/01/2019

Kecanduan Travelling? Ini Solusinya

Kamis, 10/01/2019

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kecanduan Travelling? Ini Solusinya

Kamis, 10/01/2019

logo

Ilustrasi

TRAVELLING kini sudah jadi kebutuhan. Berpetualang dan menikmati waktu di tempat-tempat baru tentu akan menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan. Karena memberikan banyak pengalaman baru, bahkan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Pada dasarnya travelling tentu memiliki banyak manfaat positif. Selain mampu menenangkan diri dan melepas semua kepenatan selama menjalani rutinitas harian. Aktifitas ini juga bisa membuat tubuh dan pikiran lebih segar, bahkan punya kesempatan untuk belajar dari setiap perjalanan yang dilakukan.

Tempat yang baru akan selalu memberi banyak pelajaran dan pengalaman baru tentunya. Jika melihat kenyataan tersebut, maka aktifitas travelling ini jelas bisa membawa banyak manfaat positif bagi kehidupan, selama Anda bisa mengatur segala sesuatunya dan menikmatinya dalam batasan yang wajar.

Namun, bagaimana jika ternyata Anda telah kecanduan travelling dan tak lagi bisa berhenti melakukan aktifitas yang satu ini meski keuangan berantakan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mengatasi kecanduan travelling agar kantong tak jebol.

1. Rencanakan dengan baik dan masuk akal

Travelling tetap harus dijalankan tapi dengan rencana yang matang, sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi hal lainnya di dalam kehidupan, seperti keuangan dan juga pekerjaan.

Pastikan Anda selalu memiliki rencana yang matang dan masuk akal dalam setiap perjalanan, di mana travelling yang Anda lakukan tidak mengganggu berbagai pekerjaan dan rutinitas lainnya yang harus dilakukan atau keuangan.

2. Batasi akses informasi terutama media sosial

Bagaimana pun juga, yang namanya kecanduan artinya sudah tidak wajar alias berlebihan. Untuk menangani hal ini, salah satunya dengan membatasi akses informasi seputar travelling.

Internet atau media sosial lainnya menjadi sumber informasi paling komplit untuk berbagai hal, termasuk travelling. Batasi akses berbagai informasi ini, sehingga keinginan untuk selalu travelling bisa diredam dengan baik.

3. Luangkan waktu untuk hobi lainnya

Jangan selalu fokus pada berbagai hal yang terkait dengan travelling. Sebab ini bisa Membuat Anda memiliki keinginan yang semakin besar untuk melakukan aktifitas tersebut.

Cari dan luangkanlah waktu untuk melakukan hobi menarik lainnya atau bahkan berbagai aktifitas menyenangkan di luar travelling.

4. Batasi bujet travelling

Meski memiliki uang yang cukup banyak untuk kebutuhan travelling setiap saat, namun Anda harus memiliki kontrol yang baik untuk aktifitas yang satu ini. Batasi bujet untuk travelling dan alokasikan uang Anda untuk hal lainnya yang akan lebih bermanfaat untuk masa depan, misalnya menabung, menyicil beli rumah, dan yang lainnya.

5. Travelling di saat yang tepat 

Meski menghilangkan kecanduan, namun bukan berarti Anda harus menghindari aktiftas ini untuk selamanya. Sesekali nikmati travelling di saat-saat yang tepat dan dalam porsi yang wajar.

Jangan lupa untuk selalu mengatur perjalanan Anda dengan baik, sehingga bujetnya bisa dihemat. Dengan demikian, Anda pun bisa menikmati travelling tanpa rasa khawatir lagi soal kondisi keuangan.

Travelling bisa saja menimbulkan kecanduan, bahkan tanpa disadari. Jadi, kenali apakah Anda kecanduan travelling dan atasi dengan langkah yang tepat. Sehingga aktifitas travelling ini tidak sampai membawa dampak negatif di dalam kehidupan. (rol)


Kecanduan Travelling? Ini Solusinya

Kamis, 10/01/2019

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.