Jumat, 22/02/2019

Perlukah Memakai Obat Kumur Usai Sikat Gigi?

Jumat, 22/02/2019

Obat kumur / Foto: alodokter

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Perlukah Memakai Obat Kumur Usai Sikat Gigi?

Jumat, 22/02/2019

logo

Obat kumur / Foto: alodokter

KORANKALTIM.COM -Penggunaan obat kumur (mouthwash) terhadap kesehatan gusi dan gigi masih jadi diskusi yang belum tuntas. Apakah setelah kita menyikat gigi masih perlu menggunakan mouthwash?

Obat kumur menjadi salah satu pembersih mulut, namun tidak bisa menggantikan rutinitas higienitas mulut seperti menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

Dikutip dari kompas.com, fungsi mouthwash lebih kepada penyegar nafas. Beberapa obat kumur, terutama yang menggunakan pembersih flouride, juga bisa melindungi gigi dari asam yang diproduksi ketika terkena bakteri plak.

Sehingga, ketika kamu mengalami masalah gusi atau infeksi jamur mulut, dokter gigi pasti akan menyarankanmu menggunakan obat kumur.

Beberapa obat kumur juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang karena kandungan flouride dan lainnya mengandung bahan pembunuh kuman sehingga terbentuknya plak gigi bisa dicegah.

Namun, kebanyakan mouthwash mengandung alkohol sehingga dapat menimbulkan masalah ketika tertelan.

Meski begitu, ada pula mouthwash yang tak mengandung alkohol untuk mereka yang memiliki gusi sensitif. Obat kumur alami mengandung bahan seperti lidah buaya atau kamomil.

Jika kamu memastikan rutinitas pembersihan gigimu sudah cukup baik, maka obat kumur tidak terlalu perlu. Sebab obat kumur cenderung hanya efektif untuk membersihkan permukaan gigi.

Ketika bakteri atau plak sudah ada pada gigi, mouthwash tak memiliki fungsi apapun untuk menghilangkannya kecuali membuat nafas lebih segar.

Meski begitu, jika kamu ingin tetap menggunakannya, pilihlah produk yang mengandung bahan antibakterial sehingga bisa memerangi plak.


Setuju menggunakan mouthwash

Bagi beberapa orang, mouthwash menjadi bagian dari rutinitas menjaga kesehatan mulut. Beberapa manfaat lainnya antara lain:

- Produk yang mengandung flouride akan memberikan perlindungan lebih untuk mencegah lubang gigi dengan memperkuat lapisan email.

- Menjaga gusi tetap sehat karena membersihkan bakteri yang menempel pada gusi.

- Membersihkan noda-noda pada gigi dan membuat gigi tetap putih bersih.

- Meningkatkan percaya diri karena mouthwash mampu menyegarkan nafas.

- Menggunakan mouthwash non-alkohol juga bisa menyembuhkan rasa sakit akibat sariawan dengan memberantas bakteri penyebab inflamasi.


Pendapat yang kontra

Meski memiliki banyak manfaat, ada beberapa risiko ketika menggunakan mouthwash:

- Mouthwash yang mengandung alkohol bisa menyebabkan iritasi pada rongga mulut karena mengandung antibakterial yang kuat.

- Ada efek buruk yang mungkin terjadi jika kita tak sengaja menelan obat kumur karena kandungan alkohol yang tinggi. Itulah mengapa anak-anak di bawah umur dianjurkan tidak menggunakannya.

- Penggunaan mouthwash yang mengandung alkohol bisa membuat mulut menjadi sangat kering sehingga memicu sensitivitas gigi terhadap lubang dan bau mulut.

- Bau mulut kronis atau halitosis bisa saja terjadi jika menggunakan mouthwash terlalu sering. Jika hal ini terjadi, pergilah ke dokter gigi dan mintalah saran obat kumur mana yang masih bisa kamu gunakan. (*)

Perlukah Memakai Obat Kumur Usai Sikat Gigi?

Jumat, 22/02/2019

Obat kumur / Foto: alodokter

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.