Jumat, 01/03/2019

Jangan Lama-Lama, Ini Makanan yang Sebaiknya Diasup Setelah "Nge-gym"

Jumat, 01/03/2019

ilustrasi gym

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Jangan Lama-Lama, Ini Makanan yang Sebaiknya Diasup Setelah "Nge-gym"

Jumat, 01/03/2019

logo

ilustrasi gym

KORANKALTIM.COM, JAKARTA - Salah satu target untuk pergi ke gym adalah membangun otot. Selain itu, sebagian orang juga bertekad menurunkan berat badan, serta memiliki badan sehat.

Untuk mencapainya, kita juga perlu memperhatikan asupan setelah beraktivitas di gym, selain tentunya memilih latihan yang tepat.


Apa saja yang dianjurkan?

Dilansir kompas.com, nutrisionis olahraga tersertifikasi Alvin Hartanto, mengatakan, karbohidrat dan protein adalah dua hal yang perlu bagi tubuh pascaolahraga di pusat kebugaran.

"Karbohidrat kan gampang diserap dan bagus untuk mengisi energi. Kalau abis nge-gym atau olahraga kan energi habis," kata Alvin saat peluncuran home appliances Beko, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

"Cara paling bagus setelah gym adalah konsumsi karbohidrat simpel. Kalau (karbohidrat) paling gampang diserap adalah buah seperti pisang, terus roti juga boleh, tapi jangan banyak-banyak," ujarnya.

Selain itu, pastikan juga mengasup sumber protein seperti susu atau daging. Protein sendiri berfungsi memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah nge-gym.

"Setelah olahraga kan biasanya badan sakit-sakit, karena ada jaringan otot yang dirusak. Nah protein fungsinya perbaiki jaringan otot tersebut agar cepet sembuh dan lebih kuat dari sebelumnya," katanya.


Langsung makan

Alvin juga menganjurkan untuk langsung mengasup makanan setelah berolahraga di pusat kebugaran.

"Kalau ada yang bilang abis nge-gym jangan makan, itu salah. Justru harus langsung makan, kenapa? Alasannya untuk gantikan energi yang hilang," 

Ia pun tak mempersoalkan jika langsung makan, tanpa perlu jeda waktu. Sebaliknya, jika semakin lama menunda makan, berisiko menggagalkan target berolahraga di pusat kebugaran.

"Karena petumbuhan otot enggak maskimal. Kita kan olahraga di gym, ngerusak otot dan perlu makanan yang langsung pemulihan. Semakin lama, justru tinggalkan badan tanpa ada energi dan otot yang kita bangun justru kebuang," katanya.(*)

Jangan Lama-Lama, Ini Makanan yang Sebaiknya Diasup Setelah "Nge-gym"

Jumat, 01/03/2019

ilustrasi gym

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.