Senin, 06/05/2019

Cocok Dikonsumsi Saat Sahur, Jenis Makanan Ini Bisa Asup Energi Lebih Lama

Senin, 06/05/2019

beras merah ( internet )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Cocok Dikonsumsi Saat Sahur, Jenis Makanan Ini Bisa Asup Energi Lebih Lama

Senin, 06/05/2019

logo

beras merah ( internet )

KORANKALTIM.COM--Sahur adalah bagian dari ibadah yang menyimpan berkah bagi umat Islam yang sedang menjalankan puasa selama bulan Ramadan. 

Tentu saja, sahur menjadi salah satu cara agar puasa yang dilalui bisa berjalan lancar. Karena dengan makan sahur, akan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan puasa dari pagi hari hingga menjelang berbuka puasa. Memang ada sebagian orang yang tak melakukan sahur. 

Itu sebabnya, Islam mengajarkan bahwa sahur sebaiknya dikerjakan karena segudang manfaatnya. Secara umum, sahur memberikan asupan makanan pada tubuh agar kuat menjalani puasa. Beberapa manfaat sahur bisa didapatkan diantaranya yaitu, menjaga kestabilan tubuh, memberikan energi yang lebih, dan lain sebagainya. Namun manfaat tersebut bisa didapatkan jika kita mengonsumsi makanan atau jenis makanan yang tepat saat sahur.

Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2019) beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur dan bisa berikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa, seperti dikutip dari liputan6.com.


1. Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa kamu konsumsi seperti nasi merah, roti, gandum, oatmeal, dan juga sereal.

Kemudian sebaiknya kamu  tidak mengkonsumsi makanan karbohidrat olahan seperti pastry atau donat. Pasalnya, karbohidrat olahan tidak begitu memberikan banyak energi selama kamu menjalankan puasa.


2. Protein

Makanan tinggi protein juga perlu kamu konsumsi untuk menunjang energi yang dibutuhkan dalam menjalankan puasa. Selain sehat, protein juga bagus untuk tubuh agar energi yang diproduksi bisa bermanfaat sehari-hari. Makanan berprotein tinggi juga mampu menunjang daya tahan tubuh yang bisa membantu menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit saat berpuasa.

Contoh protein sederhana yang bisa kamu konsumsi saat sahur adalah telur, ikan, daging, dan lain sebagainya.


3. Vitamin dan Mineral

Jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral bisa menjadi salah satu pelengkap makan sahur kamu. Kamu bisa mendapatkan vitamin dan mineral serta gizi lainnya dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Kandungan lain seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan magnesium sangat berguna bagi tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa.


4. Lemak Sehat

Lemak adalah sumber utama energi bagi tubuh. Namun tidak semua jenis lemak bisa bermanfaat bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Kamu harus memilih makanan yang mengandung lemak yang sehat. Kamu bisa mendapatkan lemak sehat di buah avokad, ikan tuna, kacang-kacangan, minyak zaitun, bayam, kubis, dan makanan yang mengandung omega-3 seperti susu, telur dan roti.


5. Air

Air adalah hal yang harus ada saat makan sahur. Selain untuk memberikan asupan air dalam tubuh, air juga bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi. Usahakan untuk mengonsumsi air putih saat makan sahur. Jangan mengonsumsi kopi karena kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan insomnia dan sulit tidur. Selain itu, kopi juga bisa membuat mudah merasa haus. (*)

Cocok Dikonsumsi Saat Sahur, Jenis Makanan Ini Bisa Asup Energi Lebih Lama

Senin, 06/05/2019

beras merah ( internet )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.