Senin, 06/05/2019

Biar Gawai Bikin Puasa Tetap Khusyuk, Unduh Lima Aplikasi Android Ini

Senin, 06/05/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Biar Gawai Bikin Puasa Tetap Khusyuk, Unduh Lima Aplikasi Android Ini

Senin, 06/05/2019

logo

KORANKALTIM.COM -- Umat muslim di Indonesia mulai melaksanakan puasa Ramadan 1440 Hijriah pada hari ini. Tak ada perbedaan soal penetapan awal Ramadan.


Kementerian Agama RI yang mengadakan serangkaian hisab dan pantauan rukyatul hilal di 102 titik di seluruh Indonesia dan menetapkan puasa Ramadan jatuh pada Senin (6/5).


Demikian juga dengan Ormas Muhammadiyah yang sudah menetapkan jauh hari sebelumnya lewat metode perhitungan atau hisab.


Berpuasa di zaman ini tentu saja tak lagi bisa dilepaskan dari gawai. Bukan berarti, dengan perangkat teknologi kita bisa melewatkan kekhusyukan puasa dengan aktivitas sia-sia.


Gawai juga bisa membantu kita memperlancar ibadah puasa Ramadan, loh!Berikut ini ada lima aplikasi berbasis Android yang bisa diunduh gratis sebagai bahan referensi, dikutip dari cnnindonesia.com:


Muslim Pro



Aplikasi Muslim Pro menyajikan 30 juz Al Quran lengkap dengan tulisan Arab, terjemahan, dan pelafalan audio yang bisa dibaca usai melaksanakan salat wajib, salat sunnah, maupun di waktu senggang.


Di dalam aplikasi yang sudah diunduh oleh 10 juta pengguna ini juga dilengkapi dengan petunjuk kiblat, kalender Hijriah, hingga peta restoran halal dan masjid di lokasi terdekat pengguna. Bagi pengguna yang kerap bepergian, fitur kiblat memudahkan untuk menentukan arah salat.


Ketika memasuki waktu salat, pengguna akan menerima notifikasi audio dengan suara muazin (orang yang mengumandangkan azan) yang bisa dipilih. Selama bulan Ramadan, aplikasi ini dilengkapi jadwal berbuka puasa, imsak, dan waktu salat sesuai dengan negara dan lokasi pengguna.


Umma


Sama halnya dengan Muslim Pro, aplikasi ini merupakan platform untuk mendukung kegiatan sehari-hari umat Muslim seperti menyajikan 30 juz Al-Quran, petunjuk waktu salat, arah kiblat, artikel terkait Islam dan sejumlah fitur yang khusus disajikan di bulan Ramadan.


Aplikasi yang mengantongi ratin 4,7 di Google Play Store ini memiliki fitur menarik yakni 'komunitas' yang dibuat laiknya grup chat untuk membahas isu-isu tentang Islam.


Panduan Muslim


Panduan Muslim merupakan salah satu aplikasi anak bangsa yang telah mendapat pengakuan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan lebih dari 100 ribu pengguna. Selain menyajikan 30 juz Al-Quran lengkap dengan terjemahan, arah kiblat dan waktu salat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan ringkasan cerita 25 Nabi, tasbih digital, panduan wudhu bahkan kalkulator zakat.


Tak hanya itu, Panduan Muslim juga dilengkapi dengan siaran radio yang khusus membahas tentang Islam serta kumpulan video kajian islam yang dapat ditonton secara online maupun offline.



Muslim Go


Sama halnya dengan Panduan Muslim, aplikasi Muslim Go juga buatan anak bangsa yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna. Selain menyajikan jadwal solat, pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari.


Fitur menarik yang tak ditemui pada aplikasi lain yakni kartu ucapan yang bisa dipakai pengguna saat merayakan hari besar besar Islam. Fitur Islam lain yang dibekali Muslim Go antara lain buku, musik, video, hingga komik.


Muslim


Aplikasi Muslim telah mengantongi lebih dari 10 juta pengunduh dengan rating 4,6. Selama bulan Ramadan, aplikasi ini menyajikan tuntutan doa untuk membantu pengguna lebih khusyuk beribadah. Jadwal solat, waktu berbuka, dan sahur juga turut disediakan selama bulan Ramadan. (*)

Biar Gawai Bikin Puasa Tetap Khusyuk, Unduh Lima Aplikasi Android Ini

Senin, 06/05/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.