Rabu, 29/05/2019

Ternyata, "Iwak Karing" Bisa Sebabkan Kanker Getah Bening

Rabu, 29/05/2019

Ikan asin ( Foto: wikipedia )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ternyata, "Iwak Karing" Bisa Sebabkan Kanker Getah Bening

Rabu, 29/05/2019

logo

Ikan asin ( Foto: wikipedia )

KORANKALTIM.COM - Kanker getah bening merenggut nyawa Olga sampai Ustaz Arifin Ilham. Ternyata, makanan rumahan ini penyebab utamanya. Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu (22/5/2019) malam pekan lalu, di RS Kanker Penang Malaysia, saat sedang dirawat. Sebelum meninggal Ustaz Arifin Ilham menderita kanker nasofaring lalu sembuh.

Kemudian Ia kembali menderita kanker kelenjar getah bening stadium 4A. Kanker kelenjar getah bening merupakan 1 dari 10 jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia, baik pada perempuan maupun laki-laki. Penyakit kanker getah bening ini sudah menjadi penyebab kematian beberapa 

Penyakit inilah juga yang merenggut nyawa presenter dan komedian Olga Syahputra beberapa tahun lalu. Komedian Olga Syahputra meninggal dunia di Singapura pada Jumat (27/3/2015) silam pukul 17.17 waktu setempat. Olga Syahputra dirawat sejak Juni 2014 di salah satu rumah sakit di Singapura karena menderita penyakit meningitis.

Sebelumnya, Olga Syahputra sempat jalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Olga Syahputra diketahui mengalami sakit meningitis dan kanker getah bening. Hingga kematiannya, Olga Syahputra sudah dirawat di rumah sakit selama 9 bulan.  Kematian Olga Syahputra tentu saja menggegerkan dunia hiburan Tanah Air. Pasalnya, Olga Syahputra meninggal saat di tengah-tengah kesuksesanya sebagai komedian.

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening cukup banyak ditemui di Indonesia. Menurut data Globocan, jenis limfoma non-Hodgkin merupakan kanker nomor 7 yang sering dijumpai di Indonesia. Dokter dari Divisi Hematologi Onkokogi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr.dr Andhika Rachman SpPD-KHOM mengatakan, limfoma bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Kanker ini terjadi karena pertumbuhan yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh atau sel limfosit. Jenis kanker ini uga dikenal dengan istilah Limfoma Non-Hodgkin (LNH) dan Limfoma Hodgkin (LH).

Berbeda dengan jenis kanker pada umumnya, kanker getah bening ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Hal ini tentunya karena kelenjar getah bening terdapat di banyak tempat di dalam tubuh. Kanker jenis ini termasuk berbahaya mengingat gejalanya bisa tampak maupun tak tampak karena tidak semua kejadian kanker terdapat benjolan yang dirasakan. Sebagaimana kanker lainnya, kanker getah bening ini pun bisa terjadi pada siapa pun, namun tetap terdapat faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan kejadian. Kanker ini kemungkinannya bisa lebih tinggi pada seseorang dengan usia di atas 65 tahun. Selain itu, kanker getah bening juga bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat.

Namun siapa sangka, salah satu makanan yang jadi penyebab utama kanker getah bening adalah ikan asin, lo. Ya, ikan asin atau dalam Bahasa Banjar disebut “iwak karing”  yang sering diolah itu ternyata memiliki kandungan yang bisa menyebabkan kanker getah bening.  Zat yang terkandung dalam ikan asin disebut nitrosamin. Hal ini diungkapkan oleh pakar karsinoma nasofaring Dr. dr. Farhat, M.Ked Sp. THT.KL seperti yang dilansir dari Tribun Medan. "Ikan asin itu ada zat namanya Nitrosamin. Tapi bukan di Ikan Asin saja, pada daging yang diasapkan, itu juga tinggi nitrosaminnya. Jadi itu juga bahaya," ungkapnya. (*)

Ternyata, "Iwak Karing" Bisa Sebabkan Kanker Getah Bening

Rabu, 29/05/2019

Ikan asin ( Foto: wikipedia )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.