Rabu, 29/05/2019

Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Supaya Tak Ngantuk usai Itikaf Semalaman

Rabu, 29/05/2019

i'tikaf di masjid ( Foto: NU online )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Supaya Tak Ngantuk usai Itikaf Semalaman

Rabu, 29/05/2019

logo

i'tikaf di masjid ( Foto: NU online )

KORANKALTIM.COM - Pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan adalah waktu-waktu keutamaan beribadah bagi umat Muslim karena mencari malam laylatul qadar.

Banyak masjid yang dipenuhi orang yang berdiam diri di masjid atau itikaf semalam penuh.

Nah, usai itikaf semalaman, tidak jarang rasa kantuk menyerang pada siang harinya. Agar itu tidak terjadi, makanan yang dikonsumsi pun harus yang bisa membantu tubuh tetap segar dan tidak mudah mengantuk. Hmm makanan apa ya sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat sahur?

Dilansir dari detik.com, 5 makanan ini sebaiknya tidak kamu makan setelah semalaman beritikaf di masjid.


1. Nasi putih

Ada benarnya juga jika nasi putih dihindari karena membuat tubuh mudah mengantuk. Nasi putih yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat berkontribusi pada indeks glikemik yang tinggi sehingga mudah meningkatkan kadar gula darah. Meningkatnya kadar gula darah saat puasa memudahkan tubuh untuk merasa kantuk lebih besar.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan nasi putih, roti, atau mie dikaitkan dengan kualitas tidur lebih baik dan durasi yang lebih lama.


2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau makarel memang sehat karena mengandung asam lemak omega-3 yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan dapat meningkatkan kesehatan jantung serta otak.

Tetapi kombinasi lemak omega-3 dan vitamin D di dalamnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin, yaitu bahan kimia otak yang berkaitan dengan rasa kantuk. Maka sebaiknya hindari makan ikan berlemak saat sahur setelah beritikaf semalaman.


3. Susu

Susu mengandung protein cukup tinggi yang bisa membuat kita kenyang lebih lama, terutama saat puasa. Tetapi susu juga mengandung kalsium yang mampu memproses hormon yang membantu tidur, yaitu triptofan dan melatonin. Sehingga mengonsumsi susu saat sahur setelah melek semalaman bisa membuat kita mengantuk saat siang hari.


4. Pisang

Pisang merupakan buah favorit untuk menutup waktu sahur. Namun sebaiknya tidak kamu konsumsi setelah kamu beritikaf semalam penuh. Karena pisang juga mengandung triptofan dan magnesium yang baik, keduanya justru membantu tubuh untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak.


5. Oatmeal

Nah oatmeal ini biasanya menjadi pilihan bagi orang-orang yang tengah menerapkan diet. Tapi sebaiknya pilih makanan lain jika kamu sudah begadang semalaman ya. Karena oatmeal cukup mirip dengan nasi putih, yaitu tinggi karbohidrat dan sumber melatonin yang membuat tubuh mudah mengantuk. (*)

Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Supaya Tak Ngantuk usai Itikaf Semalaman

Rabu, 29/05/2019

i'tikaf di masjid ( Foto: NU online )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.