Rabu, 12/06/2019

Ini Sederet Cara Alami Meluruhkan Batu Ginjal

Rabu, 12/06/2019

Ilustrasi batu ginjal ( Foto: wowkeren.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ini Sederet Cara Alami Meluruhkan Batu Ginjal

Rabu, 12/06/2019

logo

Ilustrasi batu ginjal ( Foto: wowkeren.com)

KORANKALTIM.COM, Salah satu penyakit yang sering diderita manusia zaman ini adalah batu ginjal. Di tahap yang parah, tindakan medis berupa operasi mesti diambil. Namun, ada beberapa obat yang dapat kamu coba untuk menyembuhkan batu ginjal tanpa operasi. Apa saja itu?

Pengobatan batu ginjal tergantung terhadap ukuran dan jumlah batu, di mana beradanya, dan apakah ada infeksi atau tidak. Batu ginjal yang belum menghalangi saluran kemih dapat dilakukan pengobatan tanpa operasi.

 Semakin besar ukuran batu ginjal yang terbentuk maka risiko untuk tersangkut di saluran kemih juga meningkat. Untuk mencegahnya, ada beberapa pengobatan alami yang dapat kamu coba untuk meluruhkan batu ginjal, berikut seperti dihimpun dari detikhealth, di antaranya:


1. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih merupakan cara yang paling gampang untuk mencegah batu ginjal. Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Minumlah air lebih dari 8 gelas sehari dan lakukan setiap hari.


2. Air Lemon

Kamu juga bisa menambahkan perasan air lemon di dalam air yang kamu minum setiap hari. Lemon mengandung sitrat yang merupakan bahan kimia untuk mencegah pembentukan batu kalsium di dalam tubuh. Sitrat tersebut juga mampu memecah batu-batu kecil yang dapat membuat mereka lebih mudah melewati ginjal.


3. Cuka Apel

Asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel dipercaya mampu menghancurkan batu ginjal. Cuka apel juga mampu membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal. Kamu dapat menambahkan 2 sendok sari cuka apel ke dalam satu gelas air.


4. Seledri

Seledri dapat digunakan untuk obat batu ginjal selanjutnya. Seledri mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat meningkatkan produksi urine sehingga membantu mengurangi terbentuknya batu-batu ginjal. Seledri juga dapat membersihkan racun dan mengangkat tumpukan mineral yang mengkristal di ginjal. Mengonsumsi jus seledri juga banyak digunakan untuk pengobatan herbal yang mengobati berbagai penyakit lainnya.


5. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing digunakan untuk mengobati penyakit ginjal, asam urat, dan diabetes. Tanaman ini memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Kumis kucing dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine yang dapat mencegah terjadinya pengendapan mineral dan garam di ginjal.


6. Buah Delima

Buah delima dapat digunakan untuk obat herbal batu ginjal. Buah ini bekerja dengan cara membantu mineral dan garam agar terbuang dari urine. Hal ini dapat mencegah pengendapan kalsium, urea, dan asam urat di dalam ginjal. Zat aktif yang terdapat di dalam buah delima juga mampu membantu mengurangi rasa nyeri akibat batu ginjal di saluran kemih.


7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat kamu manfaatkan untuk mengobati batu ginjal. Minyak ini dapat meluruhkan batu ginjal dengan cara yang tidak menyiksa. Mengonsumsinya secara teratur akan bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri karena batu ginjal.


8. Olahraga

Dengan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga batu agar bergerak dan membuatnya lebih mudah dibuang bersama urine. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, istirahatlah sesaat jika mulai mengalami rasa nyeri akibat batu bergerak di dalam saluran kemih.

Selain pengobatan herbal di atas, kamu dapat membeli obat batu ginjal di apotik yang lebih mudah dan ampuh. Namun sebelumnya, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang benar ya.(*)

Ini Sederet Cara Alami Meluruhkan Batu Ginjal

Rabu, 12/06/2019

Ilustrasi batu ginjal ( Foto: wowkeren.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.