Senin, 24/06/2019

Begini Cara Charger Hape yang Baik dan Benar

Senin, 24/06/2019

Foto: Liputan6

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Begini Cara Charger Hape yang Baik dan Benar

Senin, 24/06/2019

logo

Foto: Liputan6

KORANKALTIM.COM - Penggunaan handphone pada zaman sekarang sudah tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Bagi beberapa orang, penggunaan handphone dalam durasi yang cukup sering ini dianggap sangat membantu. Penggunaan handphone yang sangat sering ini kerap membuat baterai menjadi cepat habis.

Maka tak heran kalau beberapa orang kerap cemas kalau baterai handphone-nya berkurang atau habis. Oleh karena itu, membawa atau menyiapkan alat pengisian daya baterai handphone kerap dilakukan untuk terhindari dari baterai yang kosong.

Namun sayangnya beberapa orang tidak memperhatikan dengan benar tentang pengisian daya ini. Alih-alih ingin mendapatkan kondisi baterai agar selalu terisi atau penuh, karena tidak memperhatikan cara yang tepat dalam pengisiannya malah akan membuat baterai handphonemenjadi cepat rusak.

Kutip dari Liputan6.com, untuk menghindari kejadian baterai handphone tak cepat rusak, pentingnya kamu untuk mengetahui beberapa cara mengisi baterai handphone yang benar. Selain untuk mengurangi risiko baterai handphone cepat rusak dan menjalar pada kerusakan handphone, maka ada baiknya untuk melakukan kebiasaan yang benar saat mengisi daya baterai.

Berikut ini Liputan6.com, Minggu (23/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mengisi daya baterai handphone yang aman dan benar.


1. Jangan Menunggu Baterai Benar-benar Habis

Kebiasaan mengisi daya baterai handphone saat sedang benar-benar habis ternyata bukan cara yang benar. Bila kamu memiliki kebiasaan seperti ini, segeralah untuk menghentikannya. Hal ini hanya akan merusak masa usia baterai handphone alias menjadi cepat rusak.

Kebiasaan ini tidak dianjurkan karena membuat baterai membutuhkan waktu yang lebih lama dan membuat suhu semakin panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindari baterai handphone mendekati 0 persen untuk mengisinya. Kamu bisa mengisi daya jika baterai sudah menunjukkan 30 atau 40 persen.

 

2. Jangan Mengisi Daya Hingga Penuh

Selain menunggunya sampai benar-benar kosong, kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat mengisi daya handphone adalah dengan melakukan pengisian sampai penuh. Padahal, cara pengisian ini tidaklah dibenarkan. Cara ini justru akan membuat handphone kamu tidak tahan lama.

Pengisian parsial pada baterai Li-ion yang tertanam di hampir seluruh handphone saat ini sudah mampu membuat masa handphone mu menjadi tahan lebih lama. Oleh karena itu, pengisian daya yang dibiarkan penuh tidak dianjurkan. Kamu hanya perlu mengisinya pada kisaran 80 persen saja.


3. Gunakan Charger Handphone yang Asli

Charger merupakan salah satu alat yang kerap digunakan untuk mengisi daya handphone. Sering dianggap sepele, tak jarang beberapa orang asal dalam menggunakan alat ini. Pada kondisi tertentu, terkadang memaksakan kamu untuk menggunakan charger yang tidak tepat.

Misalnya saja tidak menggunakan charger asli dari bawaan pabrik. Memang tetap bisa digunakan, namun charger asli dari bawaan pabrik dinilai lebih optimal untuk melakukan pengisian daya pada handphone.

Apabila kondisi ini benar-benar tak bisa dihindari, alangkah baiknya untuk tetap memperhatikan detail charger yang ingin kamu gunakan. Usahakan untuk lebih memperhatikan kualitas charger yang akan kamu gunakan seperti melihat voltase dan juga ampere di bagian kepala charger.


4. Batasi Penggunaan Powerbank

Kerap kali kita kesulitan menemukan stop kontak dalam beberapa kondisi tertentu. Hal ini membuat kamu untuk selalu siap sedia untuk membawa powerbank sebagai alternatif untuk pengisian daya handphone.

Kebiasaan menggunakan powerbank untuk mengisi daya handphone ternyata kini perlu kamu kurangi. Ya, terlalu sering menggunakan powerbank akan membuat handphone kamu mudah drop dan berpotensi mengurangi masa usia baterai.

Begitu juga dengan kebiasaan mengisi daya dengan menggunakan port USB di laptop atau komputer. Cara ini juga bisa mengakibatkan baterai kamu menjadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan port pada USB hanya memiliki 0,5 A, dimana arus yang dihasilkan cenderung melambat.


5. Matikan Handphone Saat Sedang Diisi Daya

Penting juga untuk memperhatikan kondisi handphone saat sedang pengisian daya. Bila kamu memiliki kebiasaan untuk memainkan handphone sambil diisi daya, sebaiknya ini perlu segera dihindari. Mematikan handphone saat sedang diisi daya lebih baik untuk menjaga kestabilan pengisian dayanya. Namun bila kondisi memaksamu untuk tetap menggunakan handphone saat sedang diisi daya, ada baiknya untuk menurunkan kontras layar handphone. (*)

Begini Cara Charger Hape yang Baik dan Benar

Senin, 24/06/2019

Foto: Liputan6

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.