Jumat, 05/07/2019

Hoaks, Kabar WhatsApp akan Berbayar

Jumat, 05/07/2019

WhatsApp ( Foto: google )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Hoaks, Kabar WhatsApp akan Berbayar

Jumat, 05/07/2019

logo

WhatsApp ( Foto: google )

KORANKALTIM.COM - Layanan aplikasi Facebook, termasuk WhatsApp dan Instagram baru-baru ini mengalami down. Perusahaan mengatakan masalahnya disebabkan oleh operasi pemeliharaan, namun kini telah diperbaiki.  Akan tetapi pemadaman itu mengakibatkan sejumlah pengguna menerima informasi palsu alias hoaks.

Melansir Indian Express, Jumat (5/7/2019) seperti dikutip dari vivanews.com, ada isu yang beredar di WhatsApp bahwa pemadaman layanan tersebut karena penggunaan WhatsApp akan dikenakan biaya di masa mendatang. Pelaku membuat informasi seolah-olah benar adanya dan mengirim pesan dengan membawa nama Google.

"Kepada pengguna WhatsApp. Karena adanya gangguan pada satelit dan berdampak pada jaringan kami, WhatsApp akan dilarang selama seminggu. Di mana Anda tidak dapat mengunduh video, foto, suara dan status. Tolong teruskan pesan ini ke semua teman, grup bahwa pemadaman WhatsApp bukan disebabkan oleh jaringan Anda," isi dari pesan hoaks itu. 

Perlu dicatat bahwa pesan ini palsu dan sebaiknya diabaikan saja. Jika ada teman atau keluarga yang meneruskan pesan, cara terbaik adalah dengan memberi tahu mereka bahwa pesan itu adalah hoaks dan jangan lagi disebarkan informasi yang salah ini.

Hoaks tersebut juga mengklaim bahwa layanan perpesanan instan populer ini akan tutup menjelang tengah malam hingga pukul 06:00 pagi setiap harinya. Pesan ini sebenarnya pernah populer di masa lalu, mendesak pengguna untuk meneruskan pesan atau akun mereka akan dikenakan sejumlah biaya untuk mengaktifkan.

Kemudian ada juga pesan yang diklaim datang dari pemerintah pusat India, terkait dengan gambar yang tidak bisa diunduh. Pesan itu mengklaim bahwa WhatsApp akan tetap gratis bagi pengguna yang selalu meneruskan pesannya.

Perusahaan belum mengatakan secara resmi tentang biaya yang akan dibebankan ke pengguna, artinya sampai saat ini layanan WhatsApp masih bisa digunakan secara cuma-cuma. Pemadaman layanan Facebook disertai hoaks bukan untuk pertama kalinya menjadi kesempatan orang-orang jahat untuk mengedarkan berita palsu.

Masalah down-nya layanan Facebook juga berdampak di Amerika Serikat dan Eropa. Saat pemadaman banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh tidak dapat mengirim maupun menerima gambar secara pribadi maupun obrolan grup. (*)

Hoaks, Kabar WhatsApp akan Berbayar

Jumat, 05/07/2019

WhatsApp ( Foto: google )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.