Senin, 29/07/2019

6 Cara Mudah Atasi Mata Bintitan

Senin, 29/07/2019

Ilustrasi ( Foto: net )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

6 Cara Mudah Atasi Mata Bintitan

Senin, 29/07/2019

logo

Ilustrasi ( Foto: net )

KORANKALTIM.COM--Kemunculan bintitan di kelopak mata bikin tak nyaman. Kerap mengganggu penampilan. Tak ada hubungannya dengan mitos mengintip orang mandi. Tapi, bisa saja karena aktivitas 'ngintip' tadi anda terkontaminasi kuman.

Bintitan adalah benjolan merah mirip jerawat yang terbentuk di tepi luar kelopak mata, tapi bisa juga muncul di bagian dalam. Anda bisa mencoba mengatasi mata bintitan dengan beberapa cara mudah, bila tak ingin langsung ke dokter.

Bintitan atau istilah medisnya adalah hordeolum disebabkan oleh infeksi bakteri, tidak berbahaya, dan biasanya akan hilang sendiri dalam 1-2 minggu. Meski bukan gangguan mata yang serius, tetapi jika didiamkan saja bintitan bisa bikin tak nyaman, bikin mata terasa berat, serta menurunkan rasa percaya diri.

Tak perlu langsung buru-buru membuat janji dengan dokter spesialis mata jika Anda mengalami bintitan. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah bintitan mengalami perburukan sekaligus mempercepat proses penyembuhan seperti dirangkum oleh klikdokter.com:


1. Cuci tangan sebelum menyentuh area mata

Berdasarkan penjelasan dari dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, tangan yang kotor bisa memperberat bintitan.

“Usahakan untuk tidak menyentuh mata. Jika harus, misalnya untuk mengompres atau memakai salep mata, cuci tangan dulu dengan sabun dan air mengalir,” ujar dr. Resthie.


2. Bersihkan mata dengan air dan sabun yang tidak perih di mata

Apabila sudah telanjur bintitan, bersihkan area tersebut dengan air dan sabun yang tidak perih di mata, misalnya sabun bayi. Campurkan sabun dengan air, lalu celupkan kapas atau kain, pakai untuk membersihkan area bintitan.

Lakukan pembersihan teratur tak hanya di area mata yang terkena bintitan, tetapi juga di kedua mata. Tujuannya adalah supaya kelopak mata yang satu lagi tidak ikut terinfeksi.


3. Jika tak ada sabun yang ramah untuk mata, pakai garam

Air garam bisa berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri, sehingga dalam kasus bintitan larutan tersebut bisa digunakan. Caranya pun sama seperti poin di atas, tetapi usahakan untuk tidak sampai masuk ke mata karena bisa bikin mata perih.


4. Kompres hangat

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, mata bintitan juga dapat diredakan dengan cara mengaplikasikan kompres hangat. Cara ini dapat membantu membuka saluran kelenjar pada kelopak mata yang tersumbat.

“Kompres hangat bisa dibuat dengan menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat, kemudian peras, dan tempelkan di kelopak mata dengan kondisi mata tertutup,” jelasnya.

Kompres mata empat kali sehari selama 5-10 menit. Apabila kapas kompres sudah tak hangat lagi, rendam kembali kapas tersebut dalam air hangat.


5. Manfaatkan kantong teh celup

Kantong teh hitam bekas juga bisa Anda manfaatkan untuk mengompres mata bintitan. Dikatakan bahwa kantong teh tersebut memiliki sifat antibakteri dan bisa membantu mengempiskan benjolan.

Pastikan suhu kantong teh tidak terlalu panas (jangan langsung dipakai setelah menyeduh teh). Tunggu sampai suhunya turun, lalu kompres pada mata selama 5-10 menit.


6. Jangan dipencet!

Dokter Resthie juga dengan tegas mengingatkan Anda untuk tidak tergoda memencet benjolan. Bintitan dapat mengeluarkan nanah. Singkirkan keinginan untuk mengeluarkannya. Karena alih-alih menyembuhan, tindakan tersebut malah bisa memperburuk peradangan.

Untuk mencegah mata bintitan tak datang kembali, dr. Valda menyarankan Anda untuk menjaga kebersihan kelopak mata. Caranya adalah dengan melakukan lid scrubs.

“Karena sebagian besar bintitan disertai dengan infeksi bakteri pada sumbatan kelenjar di kelopak mata, ini dapat diatasi dengan terus menjaga kebersihan kelopak mata. Carannya adalah dengan melakukan lid scrubs, yaitu mencuci kelopak mata dengan sabun khusus kelopak mata atau sabun bayi secara rutin,” terangnya.

Demikian beberapa cara mudah untuk mengatasi mata bintitan sebelum Anda memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika sudah seminggu bintitan masih saja mengganggu, bahkan tampak makin meradang, barulah bikin janji temu dengan dokter spesialis mata.

6 Cara Mudah Atasi Mata Bintitan

Senin, 29/07/2019

Ilustrasi ( Foto: net )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.