Jumat, 06/09/2019

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mengucek Mata

Jumat, 06/09/2019

Ilustrasi ( Foto: internet)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mengucek Mata

Jumat, 06/09/2019

logo

Ilustrasi ( Foto: internet)

KORANKALTIM.COM--Mengucek mata adalah reaksi yang spontan ketika merasakan gatal. Rasa gatal memang terasa berkurang.

 Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati, terlalu sering mengucek mata disebut bisa menimbulkan bahaya bagi mata. Apa saja bahayanya?

Pada orang yang memiliki riwayat alergi, keluhan gatal pada mata bisa terjadi hampir setiap hari, sehingga tanpa disadari, mengucek mata pun sudah menjadi kebiasaan. Hal ini sangat tidak baik untuk diteruskan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bahaya mengucek mata, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa tindakan tersebut dapat mengurangi keluhan pada mata dengan cepat. Terdapat berbagai alasan yang mendasari seseorang untuk mengucek mata, mulai dari rasa gatal, mata terasa lelah, hingga ketika merasa pusing. 

Mengucek mata dapat memicu keluarnya aliran air mata, sehingga dapat mengatasi mata kering yang biasanya disertai gatal dan dapat mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam mata seperti debu. Selain itu, penekanan pada mata seperti saat mengucek mata juga dapat membantu menurunkan laju detak jantung dan meredakan rasa stres.

Dikutip dari klikdokter.com, meskipun terdapat manfaat mengucek mata yang dapat meringankan keluhan pada mata, namun ada juga bahaya yang harus Anda perhatikan. Bahaya-bahaya tersebut, yaitu:


1.Tertular penyakit mata


Ketika mengucek mata, biasanya Anda jarang memperhatikan kebersihan tangan. Terlebih lagi saat sedang mengalami flu akibat virus, sering kali setelah batuk atau bersin, Anda langsung menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi pada mata, seperti konjungtivitis.


2. Melukai kornea

Salah satu penyebab tersering seseorang mengucek mata adalah ketika ada benda asing yang masuk ke dalam mata, sehingga terasa mengganjal dan gatal. Banyak benda asing yang dapat menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah debu. 

Jika benda asing tersebut ada di dalam mata, lalu Anda menguceknya, maka benda asing tersebut akan ikut bergerak di dalam mata dan dapat menggores kornea hingga menimbulkan luka. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, luka kornea akan semakin berat dan bisa menimbulkan infeksi.


3. Memperberat kondisi glaukoma

Pada seseorang yang memiliki riwayat glaukoma, mengucek mata dapat menyebabkan peningkatan tekanan bola mata yang bisa berujung pada kerusakan saraf mata dan bisa berujung pada kebutaan.


4. Menimbulkan penyakit mata serius

Kebiasaan mengucek mata yang berlangsung terus-menerus dapat menimbulkan kelemahan pada kornea. Hal ini bisa berujung pada penipisan kornea hingga berubah bentuk, dari yang normalnya berbentuk kubah menjadi berbentuk kerucut. 

Kondisi itu disebut keratokonus. Jika keratokonus berlangsung terus-menerus, maka kondisi kornea akan semakin memburuk dan pada akhirnya akan membutuhkan transplantasi.


Alternatif

Oleh karena begitu banyak dampak negatif dari mengucek mata, bahkan bisa sampai menyebabkan gangguan penglihatan yang bersifat permanen, sebaiknya hindari kebiasaan ini dan ganti dengan metode lain.

Ketika mengalami gatal atau terasa seperti ada yang mengganjal karena kelilipan sesuatu, Anda dapat melakukan pertolongan awal dengan membilas mata menggunakan larutan steril atau tetes mata yang merupakan air mata buatan. Tetes mata ini dapat dibeli bebas dan bisa sangat membantu mengatasi keluhan tersebut. 

Selain itu, rasa gatal juga dapat dikurangi dengan bantuan kompres dingin pada kelopak mata. Namun, sebelum mengompres mata, kebersihan tangan juga harus dijaga dengan mencucinya terlebih dahulu. 

Meskipun dapat meringankan keluhan gatal pada mata secara seketika, tapi kini Anda sudah tahu jika mengucek mata justu memiliki lebih banyak dampak negatif yang berbahaya untuk mata. Oleh karena itu, sebaiknya ganti kebiasaan mengucek mata dengan alternatif lain, seperti kompres dingin atau menggunakan tetes mata. Namun, jika keluhan tidak berkurang atau mengalami perburukan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.(*)

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mengucek Mata

Jumat, 06/09/2019

Ilustrasi ( Foto: internet)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.