Sabtu, 14/09/2019

Mengapa Telinga Terasa Sakit Saat Flu?

Sabtu, 14/09/2019

Ilustrasi Flu ( Foto: vitalrecord.tamhsc.edu )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Mengapa Telinga Terasa Sakit Saat Flu?

Sabtu, 14/09/2019

logo

Ilustrasi Flu ( Foto: vitalrecord.tamhsc.edu )

KORANKALTIM.COM --Cuaca yang tak menentu seperti peralihan musim kerap memicu penyakit. Salah satunya flu. Saat Anda flu, tak hanya demam yang Anda rasakan. Nyeri otot, menggigil, sakit kepala, batuk persisten, sakit tenggorokan, hidung mampet, dan badan lemas. Telinga juga bisa sakit. Apa ya penyebabnya?

Flu dan pilek (atau common cold) dapat mengakibatkan inflamasi di gendang telinga dan tuba eustachius yang menghubungkan tenggorokan dan telinga tengah.

Dikutip dari KlikDokter.com, saluran lubang hidung bermuara di tenggorokan. Begitu pula dengan telinga. Telinga terhubung oleh tenggorokan melalui saluran tuba eustachius. Saluran tersebut berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar.

Ketika Anda sedang flu, produksi lendir saluran pernapasan akan meningkat. Peningkatan tersebut dapat menyebabkan sumbatan pada di tuba eustachius. Jika tidak ditangani, bisa memicu infeksi telinga yang gejalanya adalah nyeri, telinga terasa penuh (tersumbat), dan berdengung.

“Penumpukan cairan akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan pada telinga tengah. Lama-kelamaan, tumpukan cairan akan meningkatkan tekanan di dalam telinga, sehingga dapat merusak gendang telinga dan menimbulkan rasa nyeri hebat,” jelas dr. Astrid dari klikdokter.com.

Meski demikian, umumnya telinga yang sakit saat flu atau pilek umumnya akan pulih sendiri tanpa perawatan khusus.

Cara mengatasi telinga yang sakit saat flu

Demam, batuk, atau sakit tenggorokan saat flu mungkin bisa diatasi dengan minum obat. Bagaimana dengan keluhan telinga yang sakit?

Kata dr. Astrid, jika flu sudah membaik, rasa nyeri pada telinga biasanya ikut membaik.

Meski demikian, jika keluhan pada telinga saat flu dirasa cukup mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan penguapan.

“Kalau telinga terasa seperti mampet dan nyeri saat flu, uap hangat akan membantu mengencerkan lendir. Lendir pun akan mengalir lebih lancar dan tidak memicu sumbatan, tekanan, hingga rasa nyeri,” ujar dr. Astrid.

Bila sulit untuk melakukan penguapan sendiri, Anda juga bisa mengunjungi tempat sauna terdekat atau mengaplikasikan kompres hangat. Kompres bagian sekitar telinga selama 5-10 menit dan ulangi beberapa kali. Meski demikian, sebaiknya fokus saja pada penyembuhan flu.

Agar flu cepat sirna, Anda bisa mencoba hal-hal berikut:


-Cukupi kebutuhan istirahat 

Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi virus influenza. Saat sakit, hindari begadang dan pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin. Sebab, suhu dingin juga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memperlama proses penyembuhan. 


-Asupan gizi

Perbanyak asupan bergizi, terutama yang mengandung vitamin. Asupan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas. 

“Utamakan vitamin C dan E. Kedua jenis vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan,” tutur dr. Astrid.


-Jaga kebersihan tubuh

Virus dan bakteri dapat berpindah dari satu orang ke orang lain. Bila kebersihan tubuh tidak terjaga, maka virus akan terus menempel dan lama sembuhnya. 

Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik sebelum makan dan setelah beraktivitas. Rajin mencuci tangan akan menjauhkan Anda dari virus flu. 


-Optimalkan dengan olahraga. 

Olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika demam sudah turun dan Anda ingin mempercepat proses penyembuhan, lakukan olahraga sederhana seperti joging, yoga, atau bersepeda. 

Telinga sakit memang bisa menjadi salah satu keluhan yang dirasakan saat flu. Penyebabnya adalah inflamasi di gendang telinga dan tuba eustachius yang menghubungkan tenggorokan dan telinga tengah. Namun jangan khawatir, umumnya keluhan ini akan menghilang saat tubuh pulih dari flu. Jika tidak, atau keluhan di telinga makin memburuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis THT karena dikhawatirkan ada infeksi.(*)

Mengapa Telinga Terasa Sakit Saat Flu?

Sabtu, 14/09/2019

Ilustrasi Flu ( Foto: vitalrecord.tamhsc.edu )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.