Rabu, 25/09/2019

Senam Aerobik Cegah Penyakit Alzheimer

Rabu, 25/09/2019

Senam aerobik ( Foto: go-dok.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Senam Aerobik Cegah Penyakit Alzheimer

Rabu, 25/09/2019

logo

Senam aerobik ( Foto: go-dok.com)

KORANKALTIM.COM, Senam secara rutin diketahui memiliki segudang manfaat. Senam aerobik yang dilakukan setiap hari ditemukan dapat mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit degeneratif yang umumnya menyerang otak pada orang tua. Gangguan pada otak menyebabkan penurunan daya ingat akibat hilangnya sejumlah sel.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease menemukan, aerobik selama 30 menit yang dilakukan sebanyak 4-5 kali dalam sepekan dapat menekan risiko Alzheimer. "Ini merupakan uji coba acak untuk menilai efek aerobik pada struktur otak dan fungsi amiloid pada orang dewasa yang memiliki masalah memori," kata peneliti Rong Zhang, seorang profesor neurologi di UT Southwestern Medical Center, mengutip CNNIndonesia.com.

Zhang meneliti beberapa orang berusia di atas 55 tahun selama 12 bulan melakukan senam aerobik. Hasilnya, mereka yang getol melakukan aerobik mengalami degenerasi [kemunduran] yang lebih lambat di hipocampus. Nama terakhir merupakan bagian otak yang berperan dalam daya ingat. Temuan positif ini memperlihatkan aktivitas fisik, khususnya aerobik, dapat mengurangi penyusutan memori pada otak orang dewasa dengan gejala Alzheimer awal. "Belum terlambat untuk menerima manfaat dari latihan aerobik," kata Zhang. (*)

Senam Aerobik Cegah Penyakit Alzheimer

Rabu, 25/09/2019

Senam aerobik ( Foto: go-dok.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.