Kamis, 26/09/2019

Cara Atasi Rasa Lapar Tengah Malam

Kamis, 26/09/2019

Ilustrasi (Foto: /Cnnindonesia/Istockphoto/Morozov_photo)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Cara Atasi Rasa Lapar Tengah Malam

Kamis, 26/09/2019

logo

Ilustrasi (Foto: /Cnnindonesia/Istockphoto/Morozov_photo)

KORANKALTIM.COM --Sering terbangun di tengah malam karena rasa lapar? Padahal, sebelumnya anda makan di awal malam.

Secara normal, tubuh memiliki jam biologis (secara medis disebut irama sirkadian) yang mengatur Anda secara alamiah untuk terjaga di pagi hingga sore hari dan mengantuk di malam hari, serta merasa lapar hanya saat Anda terjaga. Jam biologis tubuh membuat Anda tak merasa lapar saat Anda tidur di malam hari.

Oleh karena itu, jika Anda sering terbangun di malam hari karena rasa lapar, keluhan tersebut tak boleh disepelekan.

Dikutip dari klikdokter.com, ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan Anda sering merasa lapar di malam hari, yaitu:


1. Kebutuhan kalori tidak tercukupi dengan baik

Rasa lapar bisa jadi merupakan reaksi tubuh, karena kebutuhan kalori tubuh tidak tercukupi. Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak makan dengan jumlah yang cukup.

Namun, hal ini dapat pula terjadi karena Anda melakukan banyak aktivitas fisik, misalnya berolahraga dengan intensitas tinggi atau melakukan banyak pekerjaan fisik.


2. Pemilihan menu makan malam yang tidak tepat

Mengonsumsi makan malam yang tinggi karbohidrat dan tak banyak serat, misalnya nasi goreng atau piza, dapat membuat Anda cepat merasa lapar lagi. Hal tersebut bisa terjadi karena jenis makanan tersebut membuat gula darah cepat melonjak tinggi.

Untuk merespons hal tersebut, pankreas akan mengeluarkan banyak insulin untuk menurunkan gula darah dan berujung pada rasa lapar.


3. Kurang tidur 

Kurang tidur berpotensi menyebabkan peningkatan hormon ghrelin, yaitu hormon yang menimbulkan rasa lapar. Oleh sebab itu, orang yang gemar begadang sering merasakan lapar di tengah malam.

Jika Anda memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya hal tersebut dihentikan karena secara jangka panjang, risiko diabetes juga bisa terjadi.


4. Efek samping obat

Beberapa jenis obat memiliki efek samping meningkatkan nafsu makan yang juga bisa menyebabkan rasa lapar terjadi di tengah malam. Beberapa obat yang dapat mengakibatkan hal ini di antaranya adalah obat antidepresan, antipsikotik, antikejang, serta beberapa jenis obat untuk mengatasi alergi.


5. Night overating syndrome (NES)

NES merupakan salah satu kelainan psikis yang ditandai dengan sering mengalami insomnia dan makan di tengah malam dengan tujuan untuk bisa kembali tidur.

Terdapat beberapa gejala yang dapat menjadi pertanda adanya NES, yaitu makan malam dalam jumlah yang sangat banyak, mengalami gangguan tidur hampir setiap malam, meyakini jika makan merupakan cara yang tepat untuk bisa tidur nyenyak, dan tidak nafsu makan di pagi hari.


Mencegah Lapar

Untuk mengatasi rasa lapar di tengah malam, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, di antaranya adalah:


-Hindari makan terlalu banyak menjelang tidur

-Untuk menu makan malam, perbanyak sayuran dan buah, serta hindari makanan yang tinggi gulanya

-Hindari mengonsumsi kopi atau alkohol di malam hari

-Makan malam dua sampai tiga jam sebelum tidur

-Jika rasa lapar di malam hari masih terjadi, Anda dapat mengonsumsi camilan tinggi protein sebelum tidur, misalnya sebutir telur rebus, yoghurt tanpa gula, atau sebuah apel

Demikianlah cara mengatasi rasa lapar di malam hari. Jika keluhan rasa lapar tersebut masih terjadi setelah menerapkan tips tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (*)

Cara Atasi Rasa Lapar Tengah Malam

Kamis, 26/09/2019

Ilustrasi (Foto: /Cnnindonesia/Istockphoto/Morozov_photo)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.