Rabu, 09/10/2019

5 Cara Simpel Melatih Pikiran agar Tetap Fokus Setiap Hari

Rabu, 09/10/2019

Ilustrasi Fokus ( Foto: Internet )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

5 Cara Simpel Melatih Pikiran agar Tetap Fokus Setiap Hari

Rabu, 09/10/2019

logo

Ilustrasi Fokus ( Foto: Internet )

KORANKALTIM.COM--Adakalanya kita hilang konsentrasi dan merasa blank di tengah aktivitas. Tandanya anda sedang tidak fokus. Melatih pikiran agar fokus bisa dilakukan dengan cara simpel.

Secara umum, hilang konsentrasi memang suatu hal yang wajar dan bisa dialami siapa saja. 

Hilang konsentrasi atau fokus bisa terjadi karena berbagai macam sebab, termasuk akibat kurangnya asupan nutrisi. Diet yang kurang tepat bisa memengaruhi suplai nutrisi otak. Lapar, perubahan hormonal, dehidrasi, stres, kurang, dan jarang berolahraga juga bisa membuat Anda kurang fokus. 

Dilansir dari klikdokter.com, pikiran yang fokus sebenarnya bisa dilatih. Biasanya, latihan ini disebut dengan mindfullness. Metode ini kerap diidentikkan dengan kegiatan meditasi. Tak sepenuhnya salah karena meditasi adalah salah satu praktik mindfulness yang paling umum. 

Meski begitu, psikolog yang juga penulis di WebMD, Seth Gillihan, Ph.D menyatakan bahwa melatih fokus bukan sekadar bisa bermeditasi. Lebih dari itu, pelaku metode mindfulness akan benar-benar ‘mengalami’ hidup.

"Cara yang paling sederhana adalah membuka kesadaran terhadap pengalaman Anda saat ini. Apa yang Anda lihat, apa yang Anda dengar, dan sensasi fisik apa yang Anda perhatikan," kata Gillihan.

Jadi, apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk melatih pikiran Anda mengembangkan fokus dan konsentrasi? Menurut Gillihan, berikut beberapa di antaranya:


1. Menikmati antrean

Kalau ada kesempatan yang mengharuskan Anda mengantre, nikmatilah. Misalnya, saat membayar belanjaan di kasir atau hendak keluar dari parkiran swalayan.

Ketika harus menunggu, kebanyakan orang akan mengeluarkan ponsel pintar dan memainkannya. Padahal, mengantre sebenarnya adalah kesempatan Anda untuk mengamati dan mengetahui apa yang ada di sekitar Anda.


2. Memperhatikan sekitar di lampu merah

Ketika berhenti di lampu merah saat berkendara, tak ada salahnya memperhatikan apa yang ada yang sekitar Anda.

Rasakan kursi di bawah Anda atau tangan Anda yang berada di atas kemudi. Perhatikan langit. Rasakan napas saat tulang rusuk Anda mengembang dan berkontraksi.


3. Saat cuci tangan

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat Anda mencuci tangan. Perasaan air saat mengalir di tangan, kehangatan atau kesejukan air, suara keran, dan perasaan kaki Anda di lantai. 


4. Perhatikan yang bisa Anda lakukan sebelum makan

Saat Anda duduk jelang makan, lakukan skema "tiga napas lambat". Pertama, lepaskan semua ketegangan yang terjadi di tubuh Anda. Kedua, lihat setiap orang yang berbagi makanan dengan Anda. Ketiga, perhatikan warna, bentuk, dan tekstur makanan di depan Anda. 


5. Dengarkan suara-suara saat jelang tidur

Saat berbaring, rasakan tubuh Anda seperti tenggelam di kasur dan biarkan kepala menekan bantal. Dengarkan setiap suara yang ada di kamar atau rumah Anda. Rasakan sensasinya yang membuat Anda bisa menangkap beberapa kejadian sebelum tidur.

Tetap fokus sepanjang hari, apalagi bila pekerjaan yang Anda lakukan monoton, memang tidak mudah. Namun, lima cara melatih pikiran tetap fokus di atas bisa membantu Anda. Satu hal lagi yang penting, jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan. Dua hal ini sangat penting bagi daya konsentrasi Anda.(*)

5 Cara Simpel Melatih Pikiran agar Tetap Fokus Setiap Hari

Rabu, 09/10/2019

Ilustrasi Fokus ( Foto: Internet )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.