Sabtu, 09/11/2019

Empat Cara Ini Bisa Menghilangkan Bekas Koreng dengan Mudah

Sabtu, 09/11/2019

ilustrasi ( Foto: Net(

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Empat Cara Ini Bisa Menghilangkan Bekas Koreng dengan Mudah

Sabtu, 09/11/2019

logo

ilustrasi ( Foto: Net(

KORANKALTIM.COM--Rasa percaya diri bisa rusak hanya gara-gara bekas luka alias koreng.  

Ketika sembuh, koreng umumnya masih meninggalkan bekas yang menghitam. Kabar baiknya, ada cara perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan bekas koreng.


Dilansir dari klikdokter.com, koreng atau scar sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka dari kemungkinan terjadinya infeksi kulit atau luka. 


Bekas luka berupa koreng adalah bagian alami dari proses penyembuhan.


“Koreng terbentuk dari keping darah dan protein yang mengeras dan membentuk sebuah plak. Plak inilah yang nantinya akan berfungsi untuk melindungi luka selama proses penyembuhan. Koreng sendiri memang akan mengelupas secara sendirinya, meski membutuhkan waktu yang cukup lama,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter mencoba menjelaskan.


Cara menghilangkan bekas koreng


Guna mempercepat proses penyembuhan dan menghilangkan bekas koreng, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:


-Kompres dengan handuk hangat 

Mengompres koreng dengan handuk atau kain hangat bisa meningkatkan aliran darah ke bekas luka. Jika aliran darah meningkat, pasokan oksigen juga akan semakin bertambah.


“Asupan oksigen yang cukup dalam darah bisa merangsang sel-sel di sekitar luka sembuh lebih cepat. Semakin cepat luka sembuh, semakin cepat pula koreng terkelupas dan bekasnya bisa hilang dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar dr. Dyan.


Anda bisa menyiapkan sebaskom air hangat dan merendam handuk lembut di dalamnya selama beberapa detik. Peras handuk, lalu letakkan di atas luka atau koreng selama 2-5 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari selama beberapa hari. Lihatlah perubahan pada luka Anda.


-Hindari mengelupas koreng 

Perlu Anda pahami bahwa koreng akan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Tidak heran jika beberapa orang merasa “terpicu”, tak tahan untuk tidak menggaruk atau mengelupas koreng. Jangan sampai menggaruk atau dengan sengaja mengopeknya.


Mengelupas koreng, secara sengaja maupun tidak, bisa membuat bekas koreng jadi semakin lama untuk pulih. Selain itu, mengopek koreng juga bisa bikin luka semakin parah karena kulit di bawahnya belum siap. Saat koreng dipaksa lepas, kulit baru di bawahnya jadi ikut tertarik dan kembali lecet.


-Tetap jaga kebersihan luka 

Menjaga area luka tetap bersih bisa menghindari Anda dari infeksi penyebab penyakit. Infeksi yang masuk ke dalam koreng bisa menghambat proses penyembuhan dan memperparah kondisi luka yang telah Anda miliki sebelumnya. 


“Apabila bekas luka terkena debu atau kotoran dari luar, segera bersihkan dengan menggunakan air mengalir atau air yang sudah dicampurkan dengan sabun berbahan lembut. Keduanya sama-sama bisa membunuh kuman penyebab penyakit, ” kata dr. Dyan.


-Mengoleskan krim  

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung hidrokuinon 2 persen yang dijual di pasaran.


Krim hidrokuinon 2 persen termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja. Gunakan krim pada malam hari.


Empat cara di atas dapat menjadi panduan Anda untuk membantu mempercepat penyembuhan dan menghilangkan bekas koreng. Tanpa melakukan tindakan apa pun, sebenarnya bekas hitam akibat koreng pada umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Hanya saja, memang akan butuh waktu yang cukup lama.(*)

Empat Cara Ini Bisa Menghilangkan Bekas Koreng dengan Mudah

Sabtu, 09/11/2019

ilustrasi ( Foto: Net(

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.