Kamis, 28/11/2019

Begini Cara Membersihkan Paru-paru bagi Perokok Aktif dan Pasif

Kamis, 28/11/2019

Ilustrasi perokok ( Foto: Istimewa )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Begini Cara Membersihkan Paru-paru bagi Perokok Aktif dan Pasif

Kamis, 28/11/2019

logo

Ilustrasi perokok ( Foto: Istimewa )

KORANKALTIM.COM --Kongkow-kongkow bersama teman atau hadir dalam kegiatan reuni bersama kawan semasa kuliah pasti menyenangkan.  

Masalahnya,  apa jadinya kalau anda bukan seorang perokok dan harus jadi perokok pasif di antara kumpulan perokok aktif? Tentunya, kondisi ini tak menyenangkan. Lambat laun, perokok pasif juga bisa mengalami masalah kesehatan. Untuk itu, ada baiknya untuk tahu cara membersihkan paru-paru yang benar. 

Sebenarnya, cara membersihkan paru-paru tak hanya terbatas untuk perokok pasif saja, perokok aktif pun bisa menerapkannya. 

Dilansir klikdokter.com dari berbagai sumber, terdapat sejumlah cara untuk membersihkan paru-paru. Berikut ini beberapa caranya:



1. Terapi uap dengan minyak esensial

Cara ini bisa membersihkan paru-paru sekaligus memberikan efek menenangkan pikiran. Anda dapat menghirup uap dari rebusan air yang sudah diberikan beberapa tetes minyak esensial. Gunanya minyak ini untuk membuka jalan napas sekaligus mengeringkan dan menghilangkan lendir-lendir di paru-paru. 

Jika tak mau repot merebus air hingga panas dan menguap, Anda bisa memanfaatkan diffuser. Disarankan untuk menarik napas dalam-dalam beberapa kali di dekat tempat uap yang muncul dari diffuser. 

Anda bisa memilih sejumlah minyak esensial yang aromanya segar dan enak memberikan efek hangat. Sederet minyak esensial yang memiliki manfaat baik untuk memelihara kesehatan paru-paru, yakni oregano, tea tree, eucalyptus, dan peppermint. Minyak-minyak jenis ini mudah ditemukan di pasaran. 


2. Lakukan latihan pernapasan panjang

Tanpa disadari, Anda hanya melakukan pernapasan pendek setiap saat. Apalagi jika Anda sedang berada di tengah aktivitas yang cukup melelahkan. Nah, untuk membersihkan paru-paru, Anda bisa menerapkan latihan pernapasan dalam dan panjang. Bagi Anda yang terbiasa melakukan olahraga yoga, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik pernapasan ini. 

Teknik mengambil napas panjang, lambat, dan dalam akan membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru. Metode ini juga dapat membantu darah mengikat oksigen sehingga dapat lancar untuk membawanya ke seluruh tubuh. Latihan pernapasan dalam dan panjang ini juga bisa memberikan efek relaks sehingga pikiran Anda tidak stres. 


3. Konsumsi teh hijau dan makanan penuh antioksidan lainnya

Bila Anda habis menghirup asap rokok dalam waktu yang lama, cobalah konsumsi minuman segar yang memiliki tingkat antioksidan tinggi, yaitu teh hijau. Ketimbang Anda meneguk minuman bersoda, lebih baik pilih teh hijau dingin atau hangat saja!

Antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan risiko peradangan di dalam paru-paru. Bahkan, minuman yang sering dihidangkan di restoran Jepang itu dapat melindungi jaringan paru-paru dari dampak menghirup asap. Jika mau mencari opsi selain teh hijau, Anda dapat mengonsumsi brokoli, kembang kol, madu asli, dan minuman jahe. 


4. Melakukan teknik tepuk dada dan punggung 

Sebenarnya, teknik ini cukup efektif sebagai cara membersihkan paru-paru. Namun, Anda membutuhkan bantuan dari penyedia layanan kesehatan, seperti klinik atau rumah sakit. Jika ingin mencoba di rumah, Anda meminta bantuan anggota keluarga yang lain. Ingat, jangan sambil bercanda, ya!

Minta seseorang untuk mengetuk punggung Anda dengan lembut di dekat satu paru-paru saat Anda batuk. Anda juga bisa berbaring miring dengan posisi tubuh menyamping untuk membantu dahak terdorong keluar. 

Teknik memukul atau mengetuk-ngetuk dada secara lembut itu bertujuan untuk mendorong lendir sehingga mudah dikeluarkan melalui air ludah ataupun batuk. Metode ini juga dapat membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru. 


5. Olahraga di lingkungan yang hijau

Olahraga memang disebut-sebut dapat membersihkan paru-paru. Ini karena aktivitas tersebut dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat seluruh sistem jantung, paru-paru, dan juga pembuluh darah. 

Jika Anda melakukan joging ringan, napas dan peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Ditambah lagi kalau Anda melakukan aktivitas olahraga tersebut di lingkungan yang masih hijau, segar, dan bebas polusi. Misalnya, di sebuah kebun, taman kota, ataupun hutan kota. Perlu Anda tahu, pohon dan tanaman lainnya akan memberikan pasokan oksigen yang ekstra banyak untuk dihirup. 

Ketimbang akhir pekan selalu beraktivitas di lingkungan indoor, coba sesekali pergi ke daerah yang hijau dan sejuk sembari berolahraga di sana. Niscaya, kondisi paru-paru dan tubuh secara keseluruhan akan lebih baik. Apalagi kalau dilakukan secara rutin. 

Itulah cara membersihkan paru-paru yang bisa Anda lakukan sendiri. Cara di atas hanya menurunkan risiko keparahan dari efek rokok. Bukan membuat Anda terhindar dari pengaruh buruknya. Jika Anda ingin terbebas dari efek asap dan racun yang terkandung dari rokok, berarti Anda harus berhenti merokok dan tak terjebak di lingkungan yang berasap lagi. (*)

Begini Cara Membersihkan Paru-paru bagi Perokok Aktif dan Pasif

Kamis, 28/11/2019

Ilustrasi perokok ( Foto: Istimewa )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.