Kamis, 05/12/2019

Tips Atasi Otot Pegal Setelah Olahraga

Kamis, 05/12/2019

Ilustrasi ( Foto: istimewa )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tips Atasi Otot Pegal Setelah Olahraga

Kamis, 05/12/2019

logo

Ilustrasi ( Foto: istimewa )

KORANKALTIM.COM--Salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat adalah berolahraga secara rutin dan teratur. 

 Namun, olahraga juga bisa tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, bisa memberikan ‘efek samping’ berupa otot pegal. 

Pada umumnya, keluhan otot pegal terjadi akibat tidak adanya pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah olahraga. Padahal, pemanasan sangat penting untuk menyiapkan tubuh menghadapi gerakan yang kompleks. Sedangkan pendinginan penting untuk merelaksasi otot tubuh yang tegang akibat digunakan untuk melakukan gerakan tersebut.

Tidak hanya itu, otot pegal juga bisa terjadi akibat intensitas, frekuensi, durasi, dan jenis olahraga yang tidak sesuai dengan kondisi fisik Anda. Keluhan tersebut pun bisa Anda rasakan apabila tidak paham betul langkah-langkah melakukan suatu gerakan saat berolahraga.

Jangan biarkan otot pegal setelah olahraga terjadi berkelanjutan dan membuat Anda kesulitan melakukan aktivitas harian. 

Dilansir dari KlikDokter.com, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi otot pegal setelah olahraga:


-Pijat

Pijat yang dilakukan dengan benar dapat membuat otot-otot yang tegang kembali relaks. Dengan tekanan lembut di area yang tepat, pijat juga bisa membantu mengurangi intensitas keluhan yang Anda alami.


-Kompres es

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi otot pegal setelah olahraga adalah mengaplikasikan kompres es pada area yang mengalami keluhan. Tindakan ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, lho!

Sebagai cara alternatif untuk mengatasi otot pegal setelah olahraga, Anda bisa berendam di air dingin. Hindari berendam terlalu lama, agar tubuh Anda tidak kedinginan.


-Obat pereda nyeri

Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol dan ibuprofen untuk mengurangi keluhan. 

Agar tidak terjadi efek samping yang merugikan, berkonsultasilah terlebih dulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Apabila cara-cara tersebut sudah dilakukan dan masalah otot pegal sudah teratasi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencegah keluhan agar tidak terjadi berulang. Caranya, jangan lupa pemanasan dan pendinginan saat berolahraga.(*)

Tips Atasi Otot Pegal Setelah Olahraga

Kamis, 05/12/2019

Ilustrasi ( Foto: istimewa )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.