Selasa, 10/12/2019

Waspada, Kesalahan Saat Berolahraga Malah Bikin Anda Cepat Tua

Selasa, 10/12/2019

Olahraga ( Foto: Ilustrasi/Net)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Waspada, Kesalahan Saat Berolahraga Malah Bikin Anda Cepat Tua

Selasa, 10/12/2019

logo

Olahraga ( Foto: Ilustrasi/Net)

KORANKALTIM.COM --Aktivitas olahraga rutin tentu akan membuat kita lebih sehat secara fisik dan mental. Namun,  ada hal penting diperhatikan saat berolahraga. Sebab,  kesalahan saat berolahraga yang kerap dilakukan justru bisa membuat Anda kelihatan cepat tua. Lalu apa saja kesalahan saat berolahraga yang selama ini tidak kita sadari?

Dikutip dari klikdokter.com, olahraga sudah terbukti merupakan suatu kegiatan yang dapat membawa segudang manfaat bagi tubuh. Bahkan, olahraga yang dilakukan sesekali saja sudah dapat memberikan efek jangka pendek yang baik bagi tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin.

Tidak hanya jantung dan pernapasan saja yang menjadi semakin kuat. Seluruh organ tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan bugar. Misalnya, fungsi otak dapat meningkat, tulang menjadi lebih kuat, dan kesehatan jiwa juga dapat menjadi lebih baik.

Di antara semua manfaat itu, rajin berolahraga juga bisa membuat Anda awet muda. Berbeda dengan yang tidak berolahraga, orang yang memiliki kebiasaan berolahraga akan lebih energik dan segar. Hal ini mau tak mau juga berdampak pada penampilan Anda yang akan lebih muda dibandingkan usia sesungguhnya.

Akan tetapi, meski bisa bikin awet muda, kesalahan saat berolahraga dapat berdampak sebaliknya. Apa saja kesalahan saat berolahraga yang bisa membuat Anda cepat tua? Berikut beberapa di antaranya:


-Berolahraga tanpa memperhatikan berat badan

Sebagian besar olahraga melibatkan banyak gerakan tubuh dan memberikan beban terhadap sendi-sendi. Contohnya saat Anda melakukan olahraga lari, bola basket, futsal, dan sepak bola sendi-sendi akan mendapatkan beban dari berat badan.

Berat badan yang berlebih akan memberikan beban ekstra kepada sendi, terutama sendi lutut. Mungkin Anda pernah mendengar mengenai pengapuran sendi lutut, yaitu kerusakan sendi yang terjadi akibat sendi menerima beban yang berlebih dan biasanya terjadi pada orang usia lanjut. 

Jika beban berlebih diterima oleh sendi secara terus-menerus, proses penuaan pada sendi akan lebih cepat terjadi. Untuk menghindari percepatan proses penuaan pada sendi, Anda harus tetap menjaga berat badan ideal selama berolahraga.


-Nutrisi setelah olahraga

Selain memperhatikan berat badan tetap ideal, nutrisi yang Anda peroleh setelah berolahraga sangatlah penting. Tidak jarang setelah berolahraga, karena lelah dan lapar, Anda lebih memilih untuk mengonsumsi makanan dan minuman cepat saji.

Permasalahan dari makanan cepat saji adalah nilai nutrisi yang lebih sedikit dan cenderung tidak memberikan efek yang baik bagi tubuh. Usai berolahraga, tubuh memerlukan nutrisi yang baik untuk dapat memulihkan diri dengan cepat.

Protein yang tinggi, karbohidrat, zat-zat anti-inflamasi dari buah-buahan sangat diperlukan oleh tubuh. Jika tidak mendapatkannya, tubuh Anda tidak dapat pulih dengan sempurna dan justru dapat menambah kerusakan pada sel-sel. Kerusakan sel-sel tubuh inilah yang dapat mempercepat proses penuaan.


-Postur yang kurang tepat saat berolahraga

Tak hanya saat berolahraga sebenarnya, postur yang tepat adalah keharusan dalam setiap aktivitas Anda. Postur yang buruk dapat mengganggu tulang belakang Anda. Jika dilakukan terus-menerus, punggung bungkuk dapat terjadi. Tampilan tubuh bungkuk tentu akan membuat Anda lebih tua dari usia sesungguhnya.

Anda dapat bertanya pada pelatih untuk mengetahui postur tubuh yang baik saat berolahraga agar hal tersebut tidak terjadi. Jika postur Anda sudah telanjur membungkuk, Anda bisa bisa memperbaikinya dengan mengikuti kelas yoga atau pilates.

Jika kesalahan saat berolahraga seperti di atas tetap dilakukan dalam jangka panjang, secara perlahan tubuh akan mengalami kerusakan. Misalnya pada sendi, tulang, kulit, dan bahkan organ penting seperti jantung dan otak. Untuk itu, mulailah olahraga dengan cara yang baik dan benar. Anda bisa minta saran personal trainer atau dokter untuk membantu Anda.(*)

Waspada, Kesalahan Saat Berolahraga Malah Bikin Anda Cepat Tua

Selasa, 10/12/2019

Olahraga ( Foto: Ilustrasi/Net)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.