Selasa, 28/01/2020

Hati-Hati, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Selasa, 28/01/2020

Ilustrasi virus ( Foto: Ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Hati-Hati, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Selasa, 28/01/2020

logo

Ilustrasi virus ( Foto: Ist)

KORANKALTIM.COM--Dunia internasional kini sedang dicekam oleh wabah virus corona. Sudah 3000-an orang di beberapa negara, khususnya Tiongkok terinfeksi. 

Parasit ini kabarnya dapat dengan cepat menular dari manusia ke manusia. Bahkan, beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, dan Jepang sudah terjangkit coronavirus.

Seramnya lagi, seseorang yang mengidap infeksi virus corona bisa saja tidak menunjukan gejala. Alhasil, ini membuat penyakit virus corona sulit terdeteksi, dan tanpa disadari pasien pun bisa menularkan virusnya pada orang lain. Untuk itu, mari kita kenali lebih dalam mengenai gejala penyakit akibat coronavirus ini.


Tidak Ada Gejala!

Dari sekian banyak virus yang bisa menyebabkan infeksi paru-paru, virus corona termasuk salah satu yang sangat berbahaya. Bahkan, sangat berisiko menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan cepat.

Dikutip dari klikdokter.com, coronavirus bisa menimbulkan infeksi paru-paru atau pneumonia karena menyerang dan merusak sel-sel di sepanjang saluran pernapasan. Saluran pernapasan yang rusak bisa mengalami peradangan yang akan menyebabkan sesak napas berat dan akhirnya meninggal dunia. 


Sampai saat ini, lebih dari 95% infeksi virus corona penyebarannya berasal dari Kota Wuhan di Tiongkok. Penyebaran coronavirus antar manusia ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderitanya lewat batuk, bersin, atau kontaminasi langsung terhadap makanan.


Namun permasalahannya, seseorang yang sudah terinfeksi virus corona bisa tidak menunjukan gejala meski ia sudah terinfeksi!


Tidak semua penderita infeksi virus corona mengalami demam tinggi, sesak napas, flu, dan batuk-batuk. Hal ini terjadi karena virus corona membutuhkan waktu inkubasi sekitar 3 sampai 7 hari.


Inkubasi adalah proses virus menginfeksi tubuh sampai akhirnya menimbulkan gejala pada orang yang terkena. Pada masa inkubasi inilah orang yang terinfeksi tidak menunjukan gejala dan diam-diam dapat menularkan virus ke orang sehat lainnya.


Selain itu, tidak semua infeksi coronavirus menyebabkan gejala khas sesak napas. Infeksi virus pneumonia ini juga dapat menyebabkan lemas dan diare. Jadi, gejala penyakit akibat virus corona memang agak sulit didiagnosis.



Sistem Imun Berpengaruh


Perlu diperhatikan, bahwa jumlah virus yang masuk dan kondisi kekebalan tubuh seseorang sangat memengaruhi terkena atau tidaknya penyakit ini.


Apabila seseorang terpapar dengan jumlah virus yang cukup banyak dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah, infeksi virus corona bisa terjadi.


Apalagi pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah, misalnya pada orangtua, anak-anak, dan penderita HIV. Paparan virus corona yang sedikit sudah pasti bisa membuat mereka jadi terinfeksi.


Akan tetapi, tidak dipungkiri juga bahwa jika sistem imun tubuh yang kuat dan virus yang terpapar hanya sedikit, bisa membuat tubuh Anda lolos terhindar dari infeksi corona.


Cara Mencegah


Sekarang ini, penting untuk mencegah agar kita terhindar dari penyakit mematikan ini. Salah satu caranya adalah dengan menghindari sumber transmisi atau penyebaran virus itu sendiri.  Untuk dapat mencegah infeksi coronavirus, kita harus melindungi diri dari kemungkinan paparan yang ada. Berikut adalah cara-caranya:


-Menggunakan masker ketika berada di keramaian atau tempat umum.

-Menutup mulut dengan tangan ketika bersin atau batuk agar virus yang ada di dalam diri Anda tidak menulari orang lain.

-Mencuci tangan dengan bersih, terutama sebelum makan, sebelum memasak, dan setelah  dari toilet. Pakai hand sanitizer apabila berada di kondisi minim air

-Anda juga wajib memasak makanan hingga matang, hindari makan makanan mentah selama wabah virus corona belum dipastikan selesai.

-Apabila terdapat gejala seperti demam tinggi, batuk, dan sesak napas segera periksakan diri ke rumah sakit.

-Jaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tidak merokok, tidur cukup, serta berolahraga.(*)

Hati-Hati, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Selasa, 28/01/2020

Ilustrasi virus ( Foto: Ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.