Jumat, 07/02/2020

Ini Sederet Bahaya Kopi Instan Bagi Kesehatan Anda

Jumat, 07/02/2020

Kopi ( Foto: majalah.ottencoffee.co.id)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ini Sederet Bahaya Kopi Instan Bagi Kesehatan Anda

Jumat, 07/02/2020

logo

Kopi ( Foto: majalah.ottencoffee.co.id)

KORANKALTIM.COM--Ngantuk saat jam kerja, kopi instan kadang jadi pilihan.  Namun, jika anda memang gemar minum kopi instan, sebaiknya berpikir ulang soal kebiasaan ini. Pasalnya, tidak sedikit anggapan yang beredar tentang bahaya minum kopi instan.

Angapan tersebut muncul karena instan yang banyak beredar di pasaran umumnya tidak sepenuhnya mengandung biji kopi asli. 

Kopi instan yang beredar umumnya hanya menggunakan perasa kopi dan pemanis buatan, sehingga dapat dijual dengan harga yang sangat murah.

Tidak hanya itu, kopi instan juga diduga mengandung zat yang tidak 'ramah' untuk kesehatan, khususnya jika diminum berlebihan atau dalam jumlah banyak secara berkelanjutan.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa minum kopi instan terlalu sering memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, karena kandungan yang ada di dalamnya.

Dilansir dari klikdokter.com, berikut ini adalah beberapa bahaya minum kopi instan bagi kesehatan Anda:


1. Meningkatkan Risiko Hipertensi

Kopi instan pada umumnya memiliki kandungan krimer nabati, yang tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh.

Oleh karena itu, krimer nabati tersebut bisa terus menumpuk hingga akhirnya menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Nah, pembuluh darah yang tersumbat adalah awal mula terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.


2. Memicu Kanker

Ada beberapa kandungan dalam kopi instan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati.

Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dengan bahan kimia tertentu, risiko kanker bisa meningkat berkali-kali lipat.

Meski demikian, masih butuh banyak penelitian untuk benar-benar memastikan bahaya kopi instan yang katanya bisa memicu kanker.


3. Menyebabkan Obesitas

Kopi instan memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kopi instan yang dikonsumsi berlebihan dapat mencetuskan obesitas atau berat badan berlebih.

Risiko obesitas akibat minum kopi instan bisa makin tinggi jika Anda juga jarang olahraga atau tidak menerapkan gaya hidup sehat.


4. Meningkatkan Risiko Diabetes

Penyakit diabetes tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan minum kopi instan. Mengapa? Tidak lain, karena kandungan gula atau pemanis buatan yang tinggi di dalamnya.

Penelitian bahkan mengatakan bahwa konsumsi minuman manis seperti halnya kopi instan secara berlebihan dapat mencetuskan lonjakan gula darah pada orang-orang yang berisiko diabetes.


5. Meningkatkan Kolesterol Jahat (LDL)

Efek samping dari minum kopi instan setiap hari salah satunya adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini disebabkan oleh krimer yang terkandung di dalam kopi instan.

Kandungan krimer dalam kopi instan membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.


6. Memicu Penyakit Jantung

Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa bahaya kopi instan bagi kesehatan, yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Agar terhindar dari bahaya kopi instan seperti penyakit-penyakit di atas, minumlah kopi yang berasal dari biji kopi asli! (*)

Ini Sederet Bahaya Kopi Instan Bagi Kesehatan Anda

Jumat, 07/02/2020

Kopi ( Foto: majalah.ottencoffee.co.id)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.