Senin, 24/02/2020

Selalu Berburu Ramalan Zodiak, Mungkin Kamu Kena Efek Barnum

Senin, 24/02/2020

Zodiak. ( Foto: Ist/suaracom)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Selalu Berburu Ramalan Zodiak, Mungkin Kamu Kena Efek Barnum

Senin, 24/02/2020

logo

Zodiak. ( Foto: Ist/suaracom)

KORANKALTIM.COM--Anda punya kebiasaan menunggu ramalan zodiak terbaru di koran atau di media mana saja? Seolah tidak ingin terlewatkan begitu saja, apa kata ramalan soal cinta hingga warna keberuntungan pekan ini?

Menemukan suatu hal yang sangat mirip dengan kondisi pribadi memang bikin kagum dan heran. Saking kagumnya, terkadang informasi tersebut langsung dipercaya mentah-mentah! Nah, dalam dunia psikologi, fenomena tersebut dinamakan efek Barnum.


Apa Itu Efek Barnum?

Dikutip dari klikdokter.com, psikolog Zarra Dwi Monica, M.Psi, menjelaskan, Barnum effect ini sebenarnya memang kecenderungan seseorang untuk mencocokkan dirinya dengan deskripsi kepribadian yang sebenarnya bersifat umum.

“Misalnya, Cancer itu penyayang dan sensitif, kalau Leo punya potensi memimpin. Itu kan deskripsi yang umum banget. Tapi, karena si individu sudah percaya zodiak dan cenderung mencocokkan itu sama diri sendiri, akhirnya ya kerasa cocok beneran,” kata Zarra.

Efek psikologis tersebut lantas membuat hasil tes kepribadian berdasarkan zodiak, warna favorit, atau hal random lainnya seakan-akan dibuat untuk Anda seorang.

Itu juga berlaku ketika sedang dibacakan kartu tarot, warna aura, shio, dan lain sebagainya.

Padahal, hasil pembacaan tarot yang didapatkan sebetulnya juga bisa berlaku buat orang lain! Karena adanya Barnum effect ini, seolah-olah ramalan tersebut dibuat khusus untuk Anda.

Tanda-tanda Anda Kena Efek Barnum

Mengutip Department of Psychology California State University, Amerika Serikat, ada sejumlah kalimat yang seakan-akan ditujukan kepada Anda. Padahal, kalimat tersebut mengandung efek Barnum, antara lain berikut ini.

“Anda tidak akan mudah percaya kepada orang lain bila tidak ada buktinya.”

“Anda cenderung kritis kepada diri sendiri.”

“Anda kadang ragu apakah Anda telah membuat keputusan yang tepat atau tidak.”

“Anda kadang ekstrover dan mudah bergaul, tapi Anda bisa juga menjadi introver dan suka menyendiri.”

“Meskipun punya kelemahan, Anda selalu berusaha mengatasinya!”

“Anda butuh orang lain dan ingin mereka semua suka pada diri Anda.”

“Anda punya banyak potensi yang belum digali.”

“Anda sering khawatir dan punya sesuatu yang membuat diri merasa tak aman.”

“Anda menyukai sesuatu yang variatif ketimbang rutinitas yang statis.”

Kalau ingin menguji kalimat di atas termasuk efek Barnum atau bukan, coba kumpulkan teman Anda untuk membaca ramalan atau tes kepribadian online bersama-sama. Pasti ada satu kalimat yang berlaku untuk 2-3 orang sekaligus, bahkan lebih!

Hati-hati bila Anda tipikal orang yang sangat percaya dengan ramalan zodiak atau tes kepribadian online. Sebab, Anda bisa melimitasi potensi yang sebenarnya ada di dalam diri.

Contohnya seperti ini. Ia meyakini bahwa zodiak A tidak cocok di kegiatan X dan tidak cocok di pekerjaan X. Itu sebenarnya sama saja membatasi dirinya untuk berkembang.

Karena, kembali lagi, setiap individu itu unik. Bila ada 50 orang di satu ruangan, maka ada 50 jenis kepribadian yang berbeda.

“Selain itu, bisa juga ia jadi membatasi diri dalam pergaulan. Misalnya, si individu B jadi tidak mau bergaul dengan C karena terlanjur percaya ramalan bahwa zodiak C tidak cocok dengan zodiak B. Padahal, belum tentu kan?” tambahnya.

Lebih baik, ambil yang positif-positif saja. Jadikan efek Barnum sebagai semangat atau motivasi untuk melakukan suatu hal yang lebih baik lagi.

Sebagai contoh, ada kalimat berefek Barnum yang mengatakan “Hari ini adalah harimu!” Berbekal kalimat tersebut, Anda bisa melakukan suatu hal yang berguna dan menyenangkan buat diri sendiri atau orang lain. Simple, bukan? (*)

Selalu Berburu Ramalan Zodiak, Mungkin Kamu Kena Efek Barnum

Senin, 24/02/2020

Zodiak. ( Foto: Ist/suaracom)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.