Kamis, 12/03/2020

Riset: Membiarkan Bayi Menangis Sendirian Bukan Masalah

Kamis, 12/03/2020

Ilustrasi bayi nangis ( Foto: Ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Riset: Membiarkan Bayi Menangis Sendirian Bukan Masalah

Kamis, 12/03/2020

logo

Ilustrasi bayi nangis ( Foto: Ist)

KORANKALTIM.COM, JAKARTA -- Banyak orang tua yang panik dan buru-buru menenangkan bayinya saat sedang menangis. 

Padahal, menangis adalah salah satu cara komunikasi bagi bayi. Ibu maupun pengasuh biasanya segera menghampiri dan berusaha menenangkan agar tangis si bayi berhenti.

Faktanya, sebuah studi terbaru dari University of Warwick Inggris menemukan bahwa membiarkan bayi menangis sendirian tidak memiliki dampak buruk apapun bagi perkembangan bayi di masa depan. Untuk sampai pada kesimpulan ini, para ahli mempelajari 178 bayi dan orang tua atau pengasuh mereka.

Ahli menanyai orang tua tentang frekuensi tangisan bayi ketika baru lahir hingga bayi berusia 18 bulan. Perkembangan perilaku bayi dan keterikatan pada orang tua juga dinilai.

Para peneliti menemukan bahwa ketika baru lahir, bayi jarang menangis sambil menjerit. Namun, saat bayi beranjak usia 18 bulan, ia akan mulai menangis dengan menjerit.

Tim menemukan bahwa membiarkan bayi menangis sendirian tidak berpengaruh pada keterikatan bayi-ibu. Para ahli juga menilai, bayi yang dibiarkan menangis sendirian dengan bayi yang terus-menerus ditenangkan memiliki perkembangan perilaku yang sama saat mereka berusia 18 bulan.

Dikutip dari republika.co.id, Prof Dieter Wolke dari University of Warwick yang memimpin penelitian mengatakan, membiarkan bayi menangis sendirian memberi kesempatan kepada bayi untuk mengatur dirinya sendiri. Menurut dia, sebagian besar orangtua secara intuitif akan beradaptasi dengan tangisan dan kebutuhan bayi mereka.

"Orang tua harus menunggu beberapa saat sebelum turun tangan menenangkan bayi. Membiarkan bayi menangis sama dengan memberi kesempatan untuk belajar mengatur dirinya sendiri," kata Wolke seperti dilansir The Sun, Kamis (12/3).(*)

Riset: Membiarkan Bayi Menangis Sendirian Bukan Masalah

Kamis, 12/03/2020

Ilustrasi bayi nangis ( Foto: Ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.