Minggu, 03/05/2020

ASI Disebut Bisa Matikan Virus Covid-19

Minggu, 03/05/2020

(Ilustrasi: honestdocs)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

ASI Disebut Bisa Matikan Virus Covid-19

Minggu, 03/05/2020

logo

(Ilustrasi: honestdocs)

KORAN KALTIM.COM - Di saat para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia tengah bekerja tanpa henti mencari obat yang bisa membunuh virus tersebut dan menghentikan infeksinya kembali lagi, para pakar kini juga tengah meneliti Air Susu Ibu (ASI) yang bisa memiliki potensi obat untuk menyembuhkan virus mematikan tersebut.

Dilansir dari laman Times of India, hingga kini air susu ibu belum pernah diteliti dalam upaya mengobati penyakit dari strain virus, termasuk SARS atau virus MERSA/ ASI, dengan segala manfaatnya, disebut sebagai salah satu makanan paling bergizi bagi bayi. ASI memiliki beberapa antibodi yang membantu pertumbuhan bai melawan serangan virus, bakteri penyebab penyakit dan menurunkan risiko infeksi lainnya, serta alergi. ASI juga mengandung kolostrum yang kaya protein untuk menambah gizi bayi. Selain itu, karena ASI steril secara alami, ASI bebas dari bahaya apapun.

Karenanya, tidak bisa dibantah ASI adalah pilihan yang baik. Para ilmuwan kini mencoba mempelajari efek yang sama, mengingat bahwa antibodi dalam ASI bisa melindungi secara optimal dari penyakit karena ASI berasal hanya dari darah.

Faktanya, ASI yang memberikan manfaat perlindungan bisa menambah meningkatkan imunitas jangka pendek dalam tubuh. Ibu menyusui sudah memproduksi antibodinya sendiri yang bertindak melawan flu dan penyakit infeksi lainnya, yang kemudian diturunkan kepada bayinya.

Untuk hal yang sama, sampel ASI juga diperiksa untuk kemungkinan infeksi COVID-19, ketahanan dan kelas antibodi yang ada di dalam susu. Salah satu peneliti utama, Rebecca Powell, yang berlokasi di New York City, yang kini menjadi pusat baru penyebaran  yakin menyusui ASI bisa menyelamatkan anak-anak dari terinfeksi penyakit itu sejauh ini. Ibu menyusui bisa membangun antibodi sebagai respons terhadap virus,  yang diturunkan kepada bayi melalui ASI.

Baik wanita itu positif Covid-19 atau tidak, jika dia sudah terpapar dan kondisinya sehat, artinya tubuhnya sudah pernah melakukan perlawanan dengan membangun antibodi. Antibodi tersebut bisa diturunkan ke ASI untuk membantu bayinya melawan penyakit tersebut. Selain itu, antibodi kaya nutrisi tambahan bisa membantu melawan efek samping lain yang berkaitan dengan gejala corona..

Hingga kini, belum ada bukti yang menyiratkan Covid-19 bisa ditularkan dari ibu kepada bayi melalui ASI. Untuk mencegah penularan virus, seseorang disarankan untuk melakukan langkah kebersihan dan menghindari kontak dengan orang sakit serta membatasi kontak dengan bayi jika mengalami sakit.

Mengutip dari vivanews.com, pemimpin penelitian, yang memiliki spesialisasi dalam imunologi susu manusia juga percaya bahwa ASI, jika ditemukan sebagai obatnya, mungkin saja bisa mencegah pandemi di masa depan.

Beberapa fasilitas medis di seluruh dunia kini juga tengah melakukan tes antibodi untuk melihat apakah seseorang lebih rentan terhadap infeksi  dan kemampuannya melawan penyakit itu. Dalam cara yang mirip, terapi plasma yang pulih juga digunakan untuk mentransfer plmas dari seseorang sembuh yang sehat kepada orang yang sakit untuk melawan virus itu. 

Lebih dari seribu wanita di seluruh dunia telah setuju untuk mendonasikan ASI mereka untuk penelitian yang bertujuan menemukan hubungan khusus antara obat virus Covid-19 dengan ASI. (*)

ASI Disebut Bisa Matikan Virus Covid-19

Minggu, 03/05/2020

(Ilustrasi: honestdocs)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.