Selasa, 12/05/2020

Musim Hujan Tiba, Ini Tips Aman Dalam Berkendara

Selasa, 12/05/2020

Salah satu sudut jalan Palang Merah, Kota Samarinda yang tergenang air saat curah hujan tingggi, pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas (Foto: Fairus/korankaltim.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Musim Hujan Tiba, Ini Tips Aman Dalam Berkendara

Selasa, 12/05/2020

logo

Salah satu sudut jalan Palang Merah, Kota Samarinda yang tergenang air saat curah hujan tingggi, pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas (Foto: Fairus/korankaltim.com)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Berkendara terutama dengan roda dua saat hujan memiliki banyak resiko. Tingkat kewaspadaan tinggi dibutuhkan mengingat saat hujan kalau tidak berhati-hati, maka dapat mengakibatkan kendaraan slip dan menjadi awal celaka. 

Menyikapi kondisi tersebut, maka Astra Motor Samarinda selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Melak, dan Malinau yang dikenal konsisten mengkampanyekan #cari_aman saat naik motor melalui edukasi keselamatan berkendara (Safety Riding) pada seluruh lapisan masyarakat, akan membagikan tips penting #Cari_aman berkendara saat hujan bagi Bubuhan Honda Etam yang akan tetap berkendara dengan sepeda motor saat hujan agar tetap aman dijalan.  

Jadi, inilah beberapa tips yang harus bubuhan Honda Etam ketahui jika ingin berkendara pakai motor saat hujan.

1. Pilih ‘riding gear’ yang tepat

Selama musim hujan ada baiknya menaruh jas hujan kedap air, sarung tangan, sepatu bot, dan rompi. Perlengkapan tersebut akan sangat membantu melindungi tubuh disaat hujan tidak terkontrol lagi.

2. Gunakan jas hujan ketika sudah mulai hujan

Saat hujan mulai turun, sebaiknya segera menepi atau berteduh. Pada 10 menit pertama, debu dan pasir jalanan sedang tergerus air menuju ke tepi jalan sehingga jalan akan menjadi sangat licin. Lalu, segera gunakan jas hujan. Jangan menunda untuk menggunakan jas hujan, banyak terjadi kecelakaan karena sepeda motor yang tiba-tiba berubah arah untuk menepi saat hujan rintik-rintik menjadi deras, atau sepeda motor yang melakukan pengereman mendadak dan akhirnya tergelincir karena jalan yang licin.

3. Pastikan Menyalakan Lampu

Peraturan sekarang memang mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, dan juga lebih gelap dari biasanya. Penggunaan lampu merupakan langkah yang baik agar kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain. 

4. Berkendara dengan kecepatan rendah

Ketika hujan sebaiknya gunakan kecepatan rendah. Saat hujan daya cengkram roda tidak maksimal akibat efek aquaplaning serta kondisi kampas rem yang basah. Hal ini menyebabkan pengereman menjadi tidak efektif dan jarak pengereman lebih jauh bila di bandingkan dengan kondisi kering.

5. Lebih awas dengan lubang di jalan atau genangan

Dua hal ini sangat perlu diperhatikan, karena bisa saja genangan di jalan ternyata menyimpan lubang cukup besar. Jika sedang berada di jalan yang bagus dan cenderung lurus maka bahaya seperti ini biasanya kurang terlihat. Akan tetapi kalau di jalan yang mulai rusak, ada baiknya memerhatikan jangan asal lindas karena lubang itu bisa berakhir dengan kecelakaan

5. Jangan asal rem 

Ketika kondisi jalan yang basah tentunya akan lebih licin daripada jalan yang kering. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Hal yang harus kamu hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin lalu manfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman dan selalu jaga jarak dengan kendaraan lainnya, hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak. Teknik rem yang benar saat hujan adalah dengan melepas tuas gas pada jarak aman kemudian sedikit demi sedikit rem ditekan sehingga berhasil memperlambat sepeda motor dengan aman. 

6. Berhenti dan berteduh jika keadaan memburuk

Jika hujan yang turun terlalu lebat dan jarak pandang menjadi berkurang ada baiknya jika berhenti saja. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat atau mengistirahatkan badan, hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya. Jarak pandang yang menjadi terbatas, sehingga membuat kewaspadaan kita menurun. Dengan begitu resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan akan menjadi lebih besar. Untuk itu solusi yang paling tepat adalah berhenti sejenak dan istirahat sejenak untuk menunggu hujan reda dan kondisi hujan membaik. 

Jadi, tingkatkan kewaspadaan saat berkendara khususnya saat hujan ya, tips #Cari_aman ini bisa Bubuhan Honda Etam aplikasikan saat akan berkendara dalam keadaan hujan agar selalu aman. (*/KK)

Musim Hujan Tiba, Ini Tips Aman Dalam Berkendara

Selasa, 12/05/2020

Salah satu sudut jalan Palang Merah, Kota Samarinda yang tergenang air saat curah hujan tingggi, pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas (Foto: Fairus/korankaltim.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.