Sabtu, 13/06/2020

Google Akan Bangun Pusat Data di Indonesia

Sabtu, 13/06/2020

Google search (Foto: Ist/net)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Google Akan Bangun Pusat Data di Indonesia

Sabtu, 13/06/2020

logo

Google search (Foto: Ist/net)

KORANKALTIM.COM, JAKARTA--Perusahaan digital raksasa Google berencana membangun pusat data di Indonesia. Peluncuran program ini akan berlangsung pada 24 Juni mendatang. 

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kominfo, Johnny Plate.

Menkominfo diketahui telah melakukan pertemuan virtual dengan Managing Director Google Cloud Asia Pasifik, Rick Harshman dan Head of Government Affairs Google Cloud Asia Pasifik, Barbara Navaro.

"Dalam pertemuan tersebut Kominfo dan Tim Google Cloud membahas program pusat data atau data center, dijadwalkan diluncurkan 24 Juni 2020 mendatang," ujarnya, Sabtu 13 Juni 2020, dilansir dari Vivanews.co.id.

Dia menuturkan, jika pembangunan data center itu bagian dari upaya pemerintah dan sektor privat menjaga akselerasi tranformasi digital di Indonesia. Data center Google ini, nantinya dilengkapi fitur keamanan dan privasi data, serta terdapat teknologi Artificial Intelligence.

"Pemerintah percaya bahwa hal ini selaras dengan tujuan Indonesia dalam pengembangan infrastruktur dan kecakapan digital yang dibutuhkan dalam transformasi digital menuju masyarakat digital," ungkap Sekjen Partai Nasdem itu.

Pertemuan kedua pihak juga membahas kolaborasi dan kerja sama meningkatkan talenta digital di Indonesia. Ini dilakukan untuk mendukung sejumlah sektor seperti e-commerce hingga pemanfaatan internet selama pandemi.

Johnny sebelumnya pernah mengutarakan keinginannya agar Google punya data center di Indonesia. Saat acara Google for Indonesia 2019 di Jakarta, dia menyebutkan pusat data itu untuk menjaga kedaulatan data negara sendiri.

"Mari bersama pastikan Indonesia punya data center yang terintegrasi. Memastikan kedaulatan data tak cuman untuk bangsa tapi umat manusia secara global," ucapnya saat itu.

Google Akan Bangun Pusat Data di Indonesia

Sabtu, 13/06/2020

Google search (Foto: Ist/net)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.