Selasa, 22/05/2018

Persiapan Pengoperasian APT Pranoto Sudah 100 Persen

Selasa, 22/05/2018

SUDAH SIAP: Kondisi Bandara APT Pranoto. Bandara ini akan beroperasi penuh sejak 24 Mei lusa. (rusdi / korankaltim)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Persiapan Pengoperasian APT Pranoto Sudah 100 Persen

Selasa, 22/05/2018

logo

SUDAH SIAP: Kondisi Bandara APT Pranoto. Bandara ini akan beroperasi penuh sejak 24 Mei lusa. (rusdi / korankaltim)

SAMARINDA - Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto akan beroperasional mulai 24 Mei lusa. Berbagai persiapan, mulai dari parkir kendaraan, persiapan maskapai, hingga run down kegiatan untuk penerbangan pertama sudah mencapai 100 persen.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong menyebut, persiapan soft opening akan dimulai pada 23 Mei, dengan penutupan operasional Bandara Temindung Samarinda. “Simbolis penutupan plang nama Bandara Temindung,” ujarnya. 

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Temindung, Wahyu Siswoyo mengatakan sebanyak 180 pekerja akan ditempatkan di bandara baru itu. Mereka terdiri dari PNS Kementerian Perhubungan serta pegawai kontrak di Temindung.

Sementara untuk fasilitas pendukung di dalam bandara, seperti transportasi tenant dan parkir sudah tersedia.

Wahyu menyebut, untuk bisnis pendukung di luar penerbangan dibagi dalam dua kategori, yakni UKM dan tenant. “Ada dua unggulan kami, yakni ramah UKM dan ramah transportasi massal. Untuk keunggulan pertama, kami sudah kerjasama dengan SWAGERI, UKM yang bergerak dengan kerajinan kayu. Mereka akan membuat semacam corner APT Pranoto,” paparnya.

Selain itu, untuk ramah UKM, juga ditunjukkan dalam penataan taman di sekitaran jalan masuk APT Pranoto. “Konsep kami agro airport, dimana penumpang yang datang, nanti bisa memetik buah atau bunga tanaman di taman APT Pranoto, kemudian membelinya. Taman buah dan bunga atau tanaman ini dikelola oleh KTNA Samarindamelalui UKM,” ucapnya.

Terkait taman di APT Pranoto, saat dikunjungi Koran Kaltim , memang masih nampak gersang, di mana tak ada satupun warna hijau tanaman yang tampak mencolok. Luasan area yang nantinya dibuat taman ini, sekitar 500 meter dari arah jalan masuk utama APT Pranoto ke terminal penumpang.

“Saat ini, sudah ada 30 orang yang handle untuk tanaman atau buah dan bunga itu. Jadi, bentuknya spot-spot. Target satu tahun, area depan terminal ini sudah hijau semua. Jadi, penumpang nanti bisa lakukan agrowisata di bandara, dengan membeli buah atau tanaman, memetik langsung, kemudian dipackaging langsung di bandara,” paparnya.

Taman-taman ini dikonsep menyerupai wisata petik buah yang sudah muncul beberapa spot di kota Malang.

Menurut Wahyu, pihaknya juga membuka peluang bagi UKM lokal masuk dalam bisnis luar penerbangan yang ada di APT Pranoto. Biaya yang dikenakan, disebutnya lebih murah dari yang ada di SAMS Balikpapan karena menggunakan PP 15 tentang PNBP. 

SIAPKAN TIGA BUS

Sebagai upaya mencegah kemacetan, Pemkot Samarinda menyiapkan tiga unit bus yang dikhususkan untuk mengangkut penumpang. 

Assiten II Sekkot Samarinda Endang Liansyah mengatakan tiga bus itu terdiri dari satu unit bus yang disiapkan pihak bandara dan dua bus Damri. 

Satu unit disiapkan akan melayani rute Lempake-bandara APT Pranoto. Sedangkan dua unit bus Damri lainnya disiapkan di depan Islamic Center dan Jl AW Sjahranie.

“Rencana akan beberapa hari diberikan biaya gratis. Ini khusus bagi penumpang yang menuju ke bandara. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa satu bulan tergantung dari bantuan operasional dari pihak Damri pusat,” jelas Endang,” ungkap Endang. (rs/sn318)

Persiapan Pengoperasian APT Pranoto Sudah 100 Persen

Selasa, 22/05/2018

SUDAH SIAP: Kondisi Bandara APT Pranoto. Bandara ini akan beroperasi penuh sejak 24 Mei lusa. (rusdi / korankaltim)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.