Selasa, 22/05/2018

Kanopi Plaza Mulia Ambruk

Selasa, 22/05/2018

dor/kk

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kanopi Plaza Mulia Ambruk

Selasa, 22/05/2018

logo

dor/kk

SAMARINDA – Hujan lebat disertai angin melanda Kota Tepian, Senin (21/5) sore. Banjir, sudah pasti. Tapi, peristiwa ambruknya kanopi salah satu pusat perbelanjaan di Samarinda, Plaza Mulia menghebohkan pengunjung. Pusat perbelanjaan ini terhitung baru dibanding sejumlah pusat perbelanjaan lainnya.

Hujan dan angin kencang diduga menjadi penyebab ambruknya kanopi Mall Plaza Mulia di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Samarinda Kota sekitar pukul 17.00 WITA. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sebuah mobil berwarna putih diduga  milik pengunjung mall, tertimpa material.

“Awalnya ada dua mobil di bawah, tapi yang kena satu saja,” kata Satpam Plaza Mulia yang enggan namanya di korankan. Ditanya mengenai penyebab ambruknya bangunan tersebut, petugas keamanan itu kemudian memilih bungkam.

Pantauan media ini, kanopi disanggah dua tiang. Kanopi bengkok karena tidak kuat menopang bagian ujungnya. 

Kanopi tersebut belum sepenuhnya roboh. Sehinga tampak cukup membahayakan bagi yang melintas di bawahnya. Areal di bawah knopi tersebut merupakan jalur tempat lintasan kendaraan pengunjung dan juga salah satu pintu masuk mall. Garis batas pun telah di pasang di sekitar lokasi agar tidak ada yang melintas di dibawah knopi yang mengalami kerusakan cukup parah itu.

Ketua DPRD Kaltim sekaligus pemilik pusat perbelanjaan Plaza Mulia, HM Syahrun menilai kejadian ini adalah musibah. Sesuai rencana, akan dilakukan perbaikan, Selasa (22/5) hari ini.

Menurut dia, atas kejadian itu aktifitas Plaza Mulia tak dihentikan seluruhnya. Alung menyatakan hanya areal itu saja yang ditutup karena membahayakan.

“Besok (hari ini) akan kami lakukan perbaikan,” kata Alung.

Senada dengan Alung, General Manager Plaza Mulia, El Fahmi Rabbani menyatakan sudah dirapatkan untuk mengganti kanopi yang roboh. “Kanopi Lobby B kami roboh, malam ini akan mulai kami lakukan langkah perbaikan dengan cara merobohkan kanpi tersebut,”

Rencananya, kanopi yang baru lebih minimalis dan dirancang tidak akan menampung beban air berlebihan agar tak roboh lagi.

Kejadian ini merupakan peringatan bagi warga Kota Tepian akan cuaca ekstrem. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda, Sutrisno menjelaskan cuaca di Samarinda memasuki musim penghujan, dengan kategori ekstrem masih akan bertahan hingga akhir Mei.

“Samarinda khususnya, dan Kaltim umumnya kami prediksi awal kemarau ada di Juni. Untuk ke depan instensitas potensi hujan lebat masih ada,” ujarnya Senin (21/5).

Hujan yang mengguyur Kota Tepian, Senin, tercatat intensitas lebat ekstreme dengan ketebalan 101 milimeter, periode jam 16.15 sampai 18.00 Wita. 

Untuk itu, ia menghimbau agar masyarakat tetap waspada.

“Masyrakat yang tinggal di lereng yang kemiringan terjal, tetap waspada curah hujan tinggi potensi longsor karena tanah akan mengalami kejenuhan,” pungkasnya. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiagaan BPBD Samarinda, Irwan Kartono melaporkan banjir merendam nyaris seluruh ruas jalan. Banjir yang terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi diperparah Sungai Mahakam yang sedang pasang.

Ia menyampaikan petugas di lapangan terus memantau kondisi titik banjir terparah. Bahkan, pemantauan dilakukan di Waduk Benanga. “Titik terparah banjir berada di Jalan Sidodamai,” terangnya. (dor/sab/rs/sn318)

Kanopi Plaza Mulia Ambruk

Selasa, 22/05/2018

dor/kk

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.