Sabtu, 09/06/2018

Perbankan di Kaltim Buka Layanan Terbatas 19-20 Juni

Sabtu, 09/06/2018

Ilustrasi / www.moneycon

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Perbankan di Kaltim Buka Layanan Terbatas 19-20 Juni

Sabtu, 09/06/2018

logo

Ilustrasi / www.moneycon

SAMARINDA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Kaltim meminta perbankan di Kaltim tetap melayani masyarakat, dengan membuka pelayanan secara terbatas pada 19-20 Juni mendatang. Hal tersebut perlu dilalukan untuk mengantisipasi dan menampung dana nasabah usai Idulfitri.

Kepala KPw-BI Kaltim Muhamad Nur menyebut meski pada 19-20 Juni merupakan hari libur dan cuti bersama namun perbankan harus masih beroperasi terbatas.

“Terhitung sejak 9 Juni, perbankan dan instansi pemerintah lainnya sudah masa libur lebaran dan cuti bersama. Namun pada saat ini beberapa sektor tetap beroperasi,” ujarnya.

Ia menjelaskaan, beberapa bisnis yang pada hari lebaran tetap beroperasi seperti rumah makan, hotel dan pusat perbelanjaan, otomatis  akan menerima uang cash secara terus menerus. Dampaknya, uang mereka akan menumpuk. Maka dari itu, perbankan diharapkan tetap beroperasi untuk bisa mengakomodir uang tersebut.

“BI pada 19-20 Juni tetap buka dengan sebutan operasional terbatas. Jadi tak semua pegawai masuk hanya beberapa saja. Nah, hal itu harus dilakukan juga oleh perbankan,” tukasnya.

Sementara bagi BI, lanjut dia, juga tetap buka agar perbankan dapat menyetor uangnya. Karena tak semua khasanah (tempat menyimpan uang) milik bank, cukup untuk menampung uang dalam jumlah banyak. Kalau khasanah milik BI sudah dapat dipastikan bisa menampung. “Kan bahaya kalau menyimpan uang cash dalam jumlah besar, risiko kebakaran dan lainnya,” paparnya.

Sementara itu, walaupun pelayanan bank tutup saat cuti bersama, namun Nur memastikan masyarakat tetap bisa bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM).  “Setor tunai juga bisa langsung dilakukan di ATM, sehingga bagi nasabah yang perbankannya memiliki fasilitas setor tunai bisa langsung setor meskipun sedang cuti bersama,” ucapnya.  

Sementara itu, Bank Kaltimtara sebagai Bank Pembangunan Daerah yang melayani dua provinsi yakni Kaltim dan Kaltara, juga telah menyiarkan jadwal pelayannya selama libur lebaran. 

Terhitung sejak 11 sampai 14 Juni, Bankaltimtara memberikan pelayanan mobile di masing-masing kantor cabang. Sementara pada 15 sampai 18 Juni pelayanan akan diliburkan dan buka kembali pada 19 sampai 20 Juni sesuai instruksi KPw-BI Kaltim untuk buka terbatas.  Baru pada 21 Juni, layanan akan kembali buka secara normal. (rs)


Perbankan di Kaltim Buka Layanan Terbatas 19-20 Juni

Sabtu, 09/06/2018

Ilustrasi / www.moneycon

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.