Minggu, 09/07/2017

Tokoh Dayak Desak Pemindahan Ibu Kota

Minggu, 09/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tokoh Dayak Desak Pemindahan Ibu Kota

Minggu, 09/07/2017

PALANGKARAYA - Salah satu tokoh masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, Sabran Achmad, meminta pemerintah segera menetapkan tempat yang akan menjadi calon ibu kota. Ia menyampaikan hal itu terkait dengan adanya wacana Palangkaraya bakal menjadi ibu kota negara seiring dengan munculnya isu pemindahan ibu kota.

“Sebaiknya jangan hanya wacana saja, segera putuskan mana yang dipilih. Kasihan masyarakat Dayak jadi terombang-ambing karena dampaknya sangat luar biasa,” ujarnya ketika ditemui di rumahnya, di Palangkaraya, Minggu (9/7)

Menurut dia, selama pemerintah belum memutuskan lokasi yang dipilih sebagai ibu kota, akan timbul berbagai macam dampak, dari dampak sosial hingga naiknya harga tanah di Kalimantan Tengah.

“Karena itu, saya berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebaiknya dalam posisi menunggu saja dari pemerintah pusat, dan nanti setelah ada putusan, baru kemudian diambil langkah selanjutnya,” kata mantan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah ini.

Sabran merupakan satu-satunya saksi mata peletakan batu pertama pendirian Kota Palangkaraya oleh Presiden Sukarno pada 17 Juli 1957 yang masih hidup. Ia menilai pendirian Kota Palangkaraya sangat istimewa.

Selain karena pendirian Kota Palangkaraya dilakukan Presiden Sukarno, kata Sabran, penetapan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai provinsi ke-17 dilakukan pada periode masa kerja Kabinet RI ke-17. Angka 17 sama dengan tanggal pendiriannya. “Jadi bagi kami angka 17 itu merupakan angka keramat,” ujarnya.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran tidak memberikan komentar saat diminta tanggapannya soal pemindahan ibu kota beberapa waktu lalu. “Saya tidak ada komentar, tapi gini, intinya gubernur tidak akan mendahului pimpinan tertinggi, yaitu Presiden. Kalau Bapak Presiden sudah beri petunjuk, baru kami akan berikan komentar,” ujarnya. (tco)


Tokoh Dayak Desak Pemindahan Ibu Kota

Minggu, 09/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.