Minggu, 09/07/2017

PKB Segera Gelar Visi Misi Bacagub

Minggu, 09/07/2017

syafruddin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

PKB Segera Gelar Visi Misi Bacagub

Minggu, 09/07/2017

logo

syafruddin

SAMARINDA – DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kaltim segera menggelar penyampaian visi dan misi bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) yang telah mendaftarkan diri. Meskipun tanggal dan tempat pelaksanaan belum diputuskan, namun Ketua DPW PKB Kaltim Syafruddin memastikan perhelatannya bulan ini. Ia mengatakan, penyampaian visi dan misi merupakan kelanjutan proses penjaringan Bacagub dan Bacawagub sesuai mekanisme partai.

“Patut dicatat penyampaian visi dan misi ini bukan sekedar formalitas. Karena itu calon yang sudah mendaftarkan diri di PKB wajib mengikutinya. Visi dan misi yang disampaikan pun harus merefleksikan apa yang akan mereka perbuat untuk kemajuan Kaltim ke depan jika terpilih di Pilgub 2018 mendatang. Sekaligus menjadi kontrak politik dengan PKB, konstituen dan rakyat Kaltim, yang akan dikawal dan diingatkan selama masa jabatannya,” kata Syafruddin.

Untuk diketahui, sejumlah nama telah mendaftarkan diri untuk diusung PKB pada Pilgub tahun depan. Untuk posisi Cagub yakni, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, mantan Bupati Kutai Timur (Kutim) Isran Noor dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang.

Sementara itu, untuk posisi Cawagub yang telah mendaftarkan diri ada mantan Bupati Berau Makmur HAPK, mantan Walikota Bontang Sofyan Hasdam serta anggota DPR RI dapil Kaltim asal PDIP Awang Ferdian Hidayat yang juga putra Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak (AFI). “Mereka yang telah mendaftarkan diri namun tidak mengikuti penyampaian visi dan misi kami anggap mengundurkan diri,” tambah Syafruddin.

Ia menambahkan, penyampaian visi misi akan dihadiri unsur DPP PKB Korwil Kalimantan, DPC PKB kabupaten dan kota se-Kaltim, organisasi sayap PKB, akademisi dan pengamat ekonomi, pendidikan, politik  yang akan duduk bersama. Namun, ia memastikan tidak ada format debat seperti yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Setelah penyampaian visi dan misi lanjutnya, PKB akan menggelar Musyawarah Kebangkitan (Muskib) yang menjadi ajang penentu siapa calon yang akan dipilih dan diusulkan ke DPP PKB untuk diusung pada Pilgub 2018. “Muskib diikuti DPP, DPW, DPC hingga tingkat ranting. Nama calon yang sudah mengikuti penyampaian visi dan misi akan kami lempar ke floor dan digodok. Dinamika pasti berkembang di arena Muskib dan itu wajar dalam berdemokrasi,” bebernya.

Syafruddin juga tidak menampik jika aspirasi di level grass root partainya mengerucut pada dua nama yakni Rita dan Jaang. “Sementara ini dua nama itu (Rita dan Jaang, Red) yang berkembang. Namun bisa saja berubah melihat konstalasi di Muskib nanti. Peran ranting dan DPC sangat penting karena mereka yang paling paham kondisi riil di lapangan,” tambahnya.

Terkait klaim sejumlah calon telah mendapat restu Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, ia tidak menampik. Menurutnya klaim itu sah sah saja, namun partainya punya mekanisme yang harus ditaati. “Cak Imin sosok yang demokratis, tentu beliau sangat memperhatikan aspirasi arus bawah dan kami pun punya kalkulasi politik sendiri,” terangnya.

Mengenai sindiran bahwa penjaringan Bacagub dan Bacawagub hanya formalitas karena pada akhirnya politik transaksional ia mengatakan; “Kalau mau begitu (transaksional, Red) ngapain capek capek penjaringan, tinggal siapa berani mahar paling besar itu yang diusung. Tapi kami ‘kan tidak, anda bisa lihat proses di PKB sangat transparan. Sebab siapa pun yang nantinya diusung PKB lalu terpilih akan menjadi beban moral juga bagi PKB di mata rakyat,” tutupnya. (ds)


PKB Segera Gelar Visi Misi Bacagub

Minggu, 09/07/2017

syafruddin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.