Rabu, 31/10/2018

Seleksi CPNS Kemenkumham Kaltim, Ada yang Berusaha Sogok Pansel

Rabu, 31/10/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Seleksi CPNS Kemenkumham Kaltim, Ada yang Berusaha Sogok Pansel

Rabu, 31/10/2018

logo

SAMARINDA - Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kaltim memastikan tidak ada titipan dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. 

“Kami pastikan dalam penerima CPNS di lingkungan Kemenkumham Kaltim tanpa titipan dari pihak mana pun. Pokoknya kami jamin transparansi penerimaan CPNS,” kata Panitia Seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Kaltim, Haris Sukamto ditemui Koran Kaltim di sela-sela seleksi, Selasa (30/10).

Jaminan itu, kata dia, karena dalam seleksi tes wawancara dilakukan secara online dengan pusat. Panitia di daerah hanya bisa memantau lewat layar laptop. 

Selain itu, ujian seleksi CPNS yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) juga ikut mengurangi kemungkinan kecurangan dalam seleksi penerimaan pegawai negeri.  “Kita tidak bisa bermain-main. Karena tes itu adalah sistem. Wawancara itupun sistem. Kita juga tidak bisa, miasalnya sakit hati untuk menjatuhkan orang.  Skor-nya langsung dari pusat,” tegasnya. 

Untuk CPNS Kemenkumham Kaltim, kata dia, terdapat 37 formasi. Terdiri dari SLTA 25 orang dan sarjana 12 orang. 

Kuota yang membatasi para peserta untuk menjadi CPNS membuat beberapa peserta gelap mata. Faktanya, dari 2 ribu lebih CPNS yang mendaftarkan diri untuk menjadi CPNS di Kemenkumham, beberapa di antaranya nekat hendak menyogok petugas agar bisa diloloskan. 

“Ada empat orang yang minta bantuan untuk diloloskan jadi CPNS. Bahkan dia (oknum) mau menyogok saya agar diloloskan. Dia bilang, ‘berapapun bapak minta saya kasih’,” ungkapnya. 

“Saya jawab ‘mohon dibantu saya agar semua peserta CPNS tetap semangat dan mengikuti tes dengan baik’,” jawab Agus. 

Seleksi CPNS untuk Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kaltim digelar pada 28-31 Oktober 2018. Setidaknya ada 2 ribu CPNS yang mendaftar. Dan saat ini tersisa 1.102 peserta. “Kegiatan seleksi CPNS ini kelanjutan dari seleksi awal.  Yaitu seleksi administrasi dan pengukuran tinggi badan,” tandasnya. (sab)

Seleksi CPNS Kemenkumham Kaltim, Ada yang Berusaha Sogok Pansel

Rabu, 31/10/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.