Rabu, 28/11/2018

Tiga Proyek MYC Diyakini Molor

Rabu, 28/11/2018

Muspandi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tiga Proyek MYC Diyakini Molor

Rabu, 28/11/2018

logo

Muspandi

SAMARINDA – Tiga proyek Multiyears Contract (MYC) di Kaltim diprediksi lepas target. Baik jalan tol Samarinda-Balikpapan, Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Maloy dan KEK MBTK, berikut Jembatna Mahakam IV Samarinda (Jembatan kembar) progresnya masih jauh dari harapan. 

Anggota DPRD Kaltim Muspandi menyakini ketiga proyek MYC tersebut tidak akan tuntas pertengahan Desember nanti, sebagaimana waktu yang telah ditentukan. 

“Jalan Tol Samarinda-Balikpapan jelas tidak tuntas karena ada kendala dipembebasan lahan. Maloy dan jembatan saya yakin juga tidak tuntas,” kata Muspandi, Selasa (27/11).

“Agak sulit kita mengatakan tuntas kalau secara kasat mata, dari posisi sekarang progresnya masih seperti itu. Kan, ini sudah tanggal 27 November, tapi jembatan belum tersambung. Sementara tanggal 15 atau 18 Desember 2018 adalah batas ahir pengerjaan,” sambungnya.

Jika pengerjaan proyek MYC tak selesai, kata Muspandi, itu bisa dilakukan penambahan waktu selama satu bulan. Artinya, kata dia, ada finalti yang akan diberikan kepada kontraktor berupa denda.  “Jika posisi di Desember lepas target, tetap diberikan kesempatan selama satu bulan, tetapi selama satu bulan itu, mereka (kontraktor) akan mendapatkan finalti,” kata Muspandi. 

Disinggung jika proyek tersebut tak selesai apakah akan tetap dilanjutkan mengingat  Gubernur Kaltim Isran Noor tidak akan menganggarkan di APBD melainkan APBN. “Itu tergantung sekarang ini.  Apakah kita mau melihat bangunan sudah berjalan tidak diteruskan kan bisa mangkrak. Akan menjadi persoalan juga kalau tidak diteruskan,” katanya. 

Namun, Muspandi mengaku pada saat bertemu dengan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, mengatakan kegiatan MYC akan tetap dipertimbangkan untuk diteruskan. Jika itu dianggap layak diteruskan atau dibicarakan lebih lanjut. “Menurut informasi yang disampaikan Pak Hadi, memang tetap akan dilanjutkan, tapi diparsialkan atau dilaksanakan dalam kegiatan tahun tunggal untuk menuntaskan proyek tersebut,” ucap Muspandi.  

Senada dengan Muspandi, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim Zaefudin Zuhri mengaku, proyek MYC di Kaltim tidak akan terselesaikan hingga batas waktu yang ditentukan. “Saya kira berat proyek MYC selesai sesaui target. Seperti jalan Tol Samarinda-Balikpapan pembebasan lahanya aja belum selesai,” kata Zuhri. 

Sebelumnya, Ketua Pansus laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur 2017, Sapto Setyo Pramono mengatakan ada tiga proyek MYC tidak akan terselesaikan hingga masa kontrak habis. Yakni Jembatan Mahakam IV, Jalan Tol Samarinda-Balikpapan dan Spam di Maloy. 

Sekedar diketahui, dalam pengetokan Perubahan-APBD 2018, Pemprov dan DPRD mengalokasikan kekurangan pembiayaan seluruh proyek MYC, yakni proyek Jalan Tol Samarinda-Balikpapan, Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Maloy dan KEK MBTK, Jembatan Mahakam IV Serta Pembangunan Bandara APT Pranoto dengan kucuran dana Rp450 miliar. Dari empat proyek itu, hanya  bandara APT Pranoto yang sudah selesai. (sab)

Tiga Proyek MYC Diyakini Molor

Rabu, 28/11/2018

Muspandi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.