Rabu, 20/02/2019

Kawasan Hutan Menyempit, Sektor Perkebunan HGU Terbesar

Rabu, 20/02/2019

Ilustrasi lahan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kawasan Hutan Menyempit, Sektor Perkebunan HGU Terbesar

Rabu, 20/02/2019

logo

Ilustrasi lahan

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Luas tanah yang diperuntukan bagi sektor usaha khususnya dengan status Hak Guna Usaha (HGU) yang ada di luar kawasan hutan makin menyempit. 

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN ) Kaltim-Kaltara, Mazwar. Disebutkannya, berdasarkan catatan saat ini ada total 982 HGU di Kaltim-Kaltara dengan luas mencapai 1,299,802,48 hektare dan semua HGU tersebut bergerak di bidang perkebunan. “Sektornya kebanyakan sawit. Kalau untuk data ini belum terlihat detailnya yang jelas belum ada yang berakhir (masa izinnya),” kata Mazwar kepada korankaltim.com beberapa waktu lalu.

Jika dilihat dari total luas wilayah Kaltim yang masuk dalam Area Penggunaan Lain (APL) seluas 4 juta hektare, dikurangkan dengan total luas wilayah HGU maka sekitar 3 juta hektare lahan tersisa. Luasan yang begitu besar. 

Tetapi, Mawzwar mengatakan kini justru pengajuan HGU menurun dari segi luasan. Khususnya yang menjadi wewenang dari BPN Kaltim-Kaltara.  Hal ini dipengaruhi turunnya beberapa sektor industri. Jika dilihat dari masing-masing kabupaten/kota, Kabupaten Kutai Timur punya HGU paling besar. Ada 292 HGU dengan luasan mencapai 351 ribu hektare. “Yang paling sedikit itu Kota Balikpapan, hanya dua HGU, luasnya hanya 34 hektare. Samarinda hanya empat HGU 42 hektare,” paparnya. Kepemilikan HGU memang berada di bawah nama perusahaan. “Yang perorangan seingat saya bisa, tapi belum ada,” tutupnya. (*)


Penulis: */ Rusdianto

Editor: Aspian Nur

Kawasan Hutan Menyempit, Sektor Perkebunan HGU Terbesar

Rabu, 20/02/2019

Ilustrasi lahan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.