Selasa, 29/10/2019

PHM Sudah Aliri Jaringan Gas Perdana untuk Warga Kukar

Selasa, 29/10/2019

Foto: Istimewa

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

PHM Sudah Aliri Jaringan Gas Perdana untuk Warga Kukar

Selasa, 29/10/2019

logo

Foto: Istimewa

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) telah mengalirkan gas perdana untuk jaringan gas (jargas) rumah tangga ke Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Operasi itu dilakukan sejak 17 Oktober 2019 lalu. VP Field Operations PHM, Benny Sidik mengatakan, pihaknya mendukung program pengembangan jargas untuk sektor rumah tangga sebagai wujud menjamin Ketahanan Energi Nasional.

“Diharapkan semakin banyak jumlah rumah tangga yang dapat menikmati manfaat dari gas yang dialirkan oleh PHM,” kata Benny Sidik melalui rilis yang diterima Koran Kaltim, Senin (28/10).

Gas tersebut berasal dari lapangan Tambora, Tunu, dan Sisi Nubi (TTH) melalui fasilitas TRF (Tunu Receiving Facility) yang berada di Muara Badak. 

“Kami mendukung program pemerintah untuk substitusi  bahan bakar minyak ke gas bagi sektor rumah tangga,” kata Benny.

Peresmian berlangsung di PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dan dihadiri Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Alimudin Baso, Dinas ESDM Kabupaten Kukar serta perwakilan  SKK Migas Kalsul.

PHM mengalirkan jargas ke Muara Badak berdasarkan surat dari SKK Migas untuk mengalokasikan gas sebanyak 0,2 MMSCFD ke Jargas Kukar. Hal ini juga sebagai pelaksanaan Kepmen ESDM Nomor 119 Tahun 2019.

“Ada 5 ribu Kepala Keluarga di Kabupaten Kutai Kartanegara yang mendapatkan sambungan jargas pada 2019 ini,” tandas dia. 

Kukar mengusulkan 10.000 sambungan untuk dua kecamatan, Muara Badak dan Marangkayu, tetapi hanya 5.000 yang disanggupi Kementerian ESDM. 5.000 sisanya akan disalurkan pada tahun 2020 mendatang. “Usulan telah disetujui untuk Muara Badak dan Marangkayu,” kata Slamet kepada Koran Kaltim, belum lama ini. 

Kabid Panas Bumi dan Migas DESDM Kukar, Titin Rahayu berkata, hanya daerah pesisir yang potensil untuk dipasang Jargas karena jaringan yang telah tersedia.  “Kalau tidak ada jaringan gasnya, tidak bisa. Penyambungan Jargas harus ada titik pasoknya,” kata Titin, belum lama ini. 


Penulis: */Hendra/Sabri/Reza

Editor: M. Huldi

PHM Sudah Aliri Jaringan Gas Perdana untuk Warga Kukar

Selasa, 29/10/2019

Foto: Istimewa

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.