Selasa, 14/01/2020

Sempat Terhenti, Proyek Rel Kereta Api Bakal Berlanjut Lagi

Selasa, 14/01/2020

Ilustrasi rel kereta api ( Foto: Net)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sempat Terhenti, Proyek Rel Kereta Api Bakal Berlanjut Lagi

Selasa, 14/01/2020

logo

Ilustrasi rel kereta api ( Foto: Net)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Proyek pembangunan rel kereta api yang sempat mandek oleh investor asal Rusia bakal kembali berjalan. Itu setelah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China yaitu China Railway Liuyuan Group (CRLG) Co menyatakan ketertarikannya berinvestasi di Kaltim dan melanjutkan proyek itu. 

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kaltim Abu Helmi menjelaskan, tak hanya kereta api, BUMN terbesar kedua di Negeri Tirai Bambu ini, juga tertarik berinvestasi di bidang lain, khususnya infrastruktur dan konstruksi. 

Menunjukkan keseriusan, Perwakilan CRLG Co. Ltd, melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Kaltim, Senin (13/1/2020) kemarin. Abu Helmi memaparkan, ada beberapa proyek yang ditawarkan Pemprov Kaltim kepada perwakilan investor tersebut. Di antaranya, kereta api, jalan tol, dan bendungan. “Kereta api kami tawarkan, jalur Kubar ke Paser, dilanjutkan ke PPU hingga ke Balikpapan. Jalur kereta api tersebut sepanjang 180 kilometer,” kata Abu Helmi.

“Jalur kereta api itu dulunya memang ditangani atau rencananya dikerjakan oleh Kereta Api Borneo (KAB). Untuk itu mereka dipersilakan saling bekerja sama B to B (busines to busines). Jadi  pemerintah pusat dan pemerintah daerah hanya membantu koordinasi pertemuan dan mendukung percepatan proses perizinan,” paparnya.

Pemprov juga menawarkan proyek  pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang, sepanjang sekitar 90 kilometer. Juga pada proyek pembangunan bendungan Talake di PPU. “Mereka sangat antusias berinvestasi di tiga proyek yang kami tawarkan itu. Tapi ini saya mau laporkan dulu ke Pak Gubernur, bagaimana nanti tindak lanjutnya,” jelas Abu Helmi.

Sayang, meski mengaku tertarik berinvestasi di Kaltim, tapi CRLG dikatakan Abu Helmi belum menyampaikan berapa nilai investasi yang akan digelontorkan ke proyek-proyek besar itu.

Tak cuma proyek infrastruktur, CRLG juga disebut tertarik pada proyek normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) di Samarinda. “Belum ada pembahasan berapa nilai investasinya. Masih mereka kaji, dan saya sudah sampaikan agar berkoordinasi dengan OPD terkait. Seperti kereta api berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kaltim, dan jalan tol berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kaltim,” pungkasnya. (*)


Penulis: */Rusdi

Editor: Aspian Nur

Sempat Terhenti, Proyek Rel Kereta Api Bakal Berlanjut Lagi

Selasa, 14/01/2020

Ilustrasi rel kereta api ( Foto: Net)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.