Sabtu, 19/08/2017

Selamat! Paskibraka Nasional Dapat Beasiswa Rp165 Juta

Sabtu, 19/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Selamat! Paskibraka Nasional Dapat Beasiswa Rp165 Juta

Sabtu, 19/08/2017

KESUKSESAN Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara HUT RI ke-72 di Istana Negara mendapat apresiasi berbagai kalangan. Paskibraka tingkat nasional ini mendapat beasiswa pendidikan senilai Rp165 juta. Beasiswa ini salah satu bentuk CSR PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Beasiswa diharap memacu generasi muda lain ikut bersemangat berlomba menjadi terbaik mewakili daerah asal, menjadi anggota paskibra baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. 

“Ini salah satu perwujudan BRI sebagai perusahaan BUMN dalam kaitannya National Capacity Building, membentuk generasi muda berkualitas melalui pemberian beasiswa pendidikan,” ujar Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso, Jumat (18/8/2017). Hari mengatakan hal itu saat menerima rombongan Tim Paskibraka yang berkunjung ke Kantor Pusat BRI, Jakarta. Nampak hadir Direktur Utama BRI Suprajarto bersama jajaran Direksi BRI lainnya serta Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Joni Mardizal. 

Dalam kesempatan tersebut, Suprajarto simbolis menyerahkan beasiswa pendidikan Rp165 juta kepada seluruh anggota tim Paskibraka. Kunjungan dilakukan Tim Paskibraka ke BRI sudah dilakukan selama tujuh tahun berturut turut. Untuk tahun ini, Tim Paskibraka yang berkunjung terdiri dari 68 orang pasukan dan 42 orang pelatih/pendamping. 

Indonesia diprediksi mendapat bonus demografi tahun 2020-2030. Bonus demografi adalah jumlah usia angkatan kerja dengan usia 15-64 tahun mencapai 70%. Artinya dalam kurun waktu 3-13 tahun ke depan Indonesia memiliki banyak sekali SDM yang tengah pada puncak usia produktif. Melihat fenomena itu, BRI berkomitmen turut membentuk SDM berkualitas. 

Komitmen BRI terhadap pendidikan di Indonesia tidak hanya kali ini saja. Sebelumnya, BRI sudah banyak menyelenggarakan program-program sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan di Indonesia. 

Awal Agustus 2017, BRI telah menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam kegiatan Sadar Bahaya Narkoba diselenggarakan kepada 1.000 Ketua OSIS dan 1.000 Guru dari 1.000 SMA/SMK/MA sederajat tersebar di Indonesia. Kegiatan sosialisasi bertujuan memberikan edukasi terhadap masyarakat terutama generasi muda tentang bahaya narkoba.

Di tahun ini BRI memfokuskan penyaluran CSR bidang pendidikan. Dengan mengusung tema ‘BRI Mencerdaskan Anak Bangsa’, BRI telah menjalankan berbagai program di antaranya Beasiswa Jurnalis Cerdas, Beasiswa Nusantara Cerdas, Siswa Mengenal Nusantara, BRI Mengajar serta pembangunan Taman Bacaan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Hingga akhir Juli 2017, BRI telah menyalurkan bantuan CSR/Bina Lingkungan sebesar Rp101 miliar disalurkan ke berbagai bidang, di antaranya bantuan korban bencana alam, bantuan peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam serta bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Sementara itu salah satu Paskibra di Sebulu Kutai Kartanegara (Kukar), Alya Mujida  bertugas sebagai pembawa baki mengaku baru mengetahui jika foto-foto mereka beredar luas dan menjadi perbincangan banyak orang di dunia maya. “Sore baru tahu, setelah pulang dari lokasi upacara,” ujar Alya saat dihubungi Koran Kaltim dari Samarinda Jumat (18/8) kemarin.  

Ia mengaku kali ini merupakan pertama kali menjadi Paskibra.  Karenanya ia bangga dan terharu, karena harus mengahadapi kondisi yang terbilang berat. Ia menceritakan, ia bersama kawan-kawannya mengikuti program pelatihan secara intensif selama 2 pekan sebelum bertugas.

“Awalnya dilatih dari pihak sekolah (SMAN 1 Sebulu), lalu dilanjutkan oleh Purna Paskibra,” paparnya.

Kepada wartawan, ia menyampaikan keinginannya untuk bisa kembali menjadi Paskibra tahun depan, di tingkat kabupaten atau provinsi.  

Senada, Dewi Anjani, Anggota Paskibra bertugas dalam Regu 45 mengaku, baru mengetahui aksi mereka di perbincangkan publik, setelah pulang dari menunaikan tugas. Siswi kelas XI SMAN 1 Sebulu itu mengaku terharu, atas respon dari warganet. “Kami terharu, dan tidak menyangka,” singkatnya. 

Ia menceritakan bagaimana dirinya bersama rekanannya berjibaku dan terus menjalankan tugas, dalam kondisi basah dan lapangan berlumpur. “Bahkan karena lokasi becek ada sepatu yang terlepas,” tuturnya.

Sementara Nur Rohman Guru dan pembina Ekstrakulikuler Paskibra di SMAN 1 Sebulu menyebut, pihak sekolah pun terharu dengan respon dari warganet. Namun, ia mengaku hingga kemarin, belum ada repon resmi dari Dinas Pendidikan Kukar atau pihak terkait lainnya. (dtc/rs)

Selamat! Paskibraka Nasional Dapat Beasiswa Rp165 Juta

Sabtu, 19/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.