Taman Tata Surya Pertama di Indonesia


korankaltim
korankaltim
2015-04-18 08:04:19
TENGGARONG – Selain memiliki ruang teater dan pemutaran film edukasi tiga demensi tanpa kaca mata, Planetarium Jagad Raya Tenggarong juga memiliki Taman Tata Surya yang merupakan replika delapan planet dalam susunan tata surya berikut lintasan orbitnya. Taman itu merupakan yang pertama di Indonesia.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sri Wahyuni bertekad akan terus membenahi fasilitas edukasi lainnya. Salah satunya saat ini sudah terdapat taman tata surya yang menarik untuk dikunjungi. “Taman tata surya ini termasuk langka, di Indonesia baru ada di Planetarium Jagad Raya Tenggarong,” ucap Sri.

Menurut Sri, taman sejenis ini hanya terdapat di beberapa negara dengan desain minimalis dan tidak semua menyertakan lintasan orbitnya. Kehadiran taman tata surya ini tentunya akan menambah arena bermain anak yang edukatif, juga untuk menyokong upaya pemerintah kabupaten menciptakan ruang terbuka hijau.

“Perbaikan fasilitas dan peningkatan pengunjung terus berlangsung seiring makin dikenalnya Planetarium sebagai obyek wisata edukasi di kota raja Tenggarong,” lanjutnya.

Planetarium Jagad Raya Tenggarong, 12 tahun lalu di resmikan oleh Wakil Presiden RI Hamzah Haz bersamaan dengan peresmian beberapa infrastruktur lainnya di Kukar.

Ditambahkan Sri, di hari jadinya yang ke-12, Planetarium Jagad Raya menggelar berbagai kegiatan lomba mulai dari lomba mewarnai dengan tema Astronomi dan lomba menulis I “Love” Planetarium. “Disbudpar juga memberikan nonton bareng secara gratis di teater bintang bersama 50 orang anak didik,” tutur Sri. (amb414)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 tahun yang lalu | dibaca 1.417 kali
img
korankaltim
korankaltim
1 tahun yang lalu | dibaca 1.160 kali
img