Jumat, 14/02/2020

Sempat Bikin Bingung, Lucinta Luna Akhirnya Masuk Sel Tahanan Wanita

Jumat, 14/02/2020

Lucinta Luna (kanan) saat ditangkap polisi karena terbukti menggunakan narkoba. (ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Sempat Bikin Bingung, Lucinta Luna Akhirnya Masuk Sel Tahanan Wanita

Jumat, 14/02/2020

logo

Lucinta Luna (kanan) saat ditangkap polisi karena terbukti menggunakan narkoba. (ist)

KORANKALTIM.COM, JAKARTA - Lucinta Luna ditangkap Polres Metro Jakarta Barat, Selasa, 11 Februari 2020 lalu. Dia dibekuk terkait penyalahgunaan narkoba. Lucinta dikenal sebagai artis kontroversial.

Lucinta menjadi buah bibir karena mengklaim sebagai perempuan tulen. Sebelumnya, dia adalah pria dengan nama Muhammad Fatah. Kini namanya berubah menjadi Lucinta Luna. Tubuhnya pun layaknya perempuan tulen.

Lalu, sempat muncul pertanyaan, di sel mana Lucinta jika harus ditahan?  Awalnya polisi galau soal penempatan sel Lucinta Luna, antara di tahanan pria atau wanita. Sebab, di Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Lucinta berjenis kelamin wanita. Tapi di paspornya tertulis berjenis kelamin pria.

"Di dalam e-KTP-nya yang bersangkutan ini tertera perempuan, tapi paspornya laki-laki," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolres Metro Jakarta Barat.

Sembari menunggu kepastian, untuk sementara Lucinta akan ditempatkan di ruang khusus. Dia dibawa ke Mapolda Metro Jaya. "Sementara kami taruh di ruang khusus di Polda," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Audie S. Latuheru.

Polisi mengungkap alasan artis Lucinta Luna ditahan di ruangan khusus seorang diri, yang ada di blok wanita di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Salah satu alasannya tak bisa dipungkiri guna menghindari adanya perundungan terhadap Lucinta, jika dia ditempatkan di blok pria. Atas dasar itu maka pemilihan ruangan khusus di blok wanitalah yang dipakai.

Namun demikian, alasan sebenarnya penempatan Lucinta seorang diri adalah tak lain untuk alasan keamanan dan kenyamanan baginya. Ditakutkan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Kamis (13/2/2020) kemarin kepolisian sah menegaskan, Lucinta ditempatkan di sel perempuan. Hal ini berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang telah menyatakan jika Lucinta Luna sudah diakui sebagai seorang perempuan sejak Desember 2019. "Hasil putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan dari termohon yakni AP dalam hal perubahan gender," ucap Yusri Yunus.

Diketahui, Lucinta merupakan sosok transgender pertama yang pernah ditahan di tahanan Polda. Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya, AKBP Barnabas, mengatakan belum ada tahanan transgender yang ditahan di sel Polda.

Walau merupakan tahanan transgender pertama di sana, polisi menyebut tidak ada perlakuan istimewa ke Lucinta. Katanya, Lucinta akan diperlakukan sama dengan tahanan lain yang ada di Mapolda Metro. Dia menegaskan pihaknya akan memperlakukan tahanan secara adil. "Sama dengan tahanan yang lain yaitu ruang sel, kamar mandi di dalam sel, air bersih dan penerangan yang memadai. Sirkulasi udara bagus, kasur tipis dan bantal diperbolehkan," ucap Barnabas.

Lucinta Luna dibekuk polisi karena kedapatan mengonsumsi narkotika dan obat-obatan. Kepada penyidik, artis transgender itu mengaku mengonsumsi obat penenang golongan psikotropika, tramadol dan riklona, karena depresi. "Pengakuan awal yang bersangkutan memakai lima bulan untuk menghilangkan depresi. Dia konsultasi ke salah satu dokter pribadi minta obat tidur," ujar Yusri.

Meskipun saat ini Lucinta berada di dalam ruang tahanan, polisi menyebut jika ia bisa mengajukan permohonan rehabilitasi. Hal itu bisa dilakukan setelah ada hasil tes rambutnya di laboratorium Badan Narkotika Nasional Lido, Bogor, Jawa Barat rampung. "Nanti (kalau rehabilitasi), ada mekanismenya. Itu melalui assessment dulu. Ini kan masih didalami dulu," ujar Yusri. (*)

Sempat Bikin Bingung, Lucinta Luna Akhirnya Masuk Sel Tahanan Wanita

Jumat, 14/02/2020

Lucinta Luna (kanan) saat ditangkap polisi karena terbukti menggunakan narkoba. (ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.