Senin, 08/01/2018

Protes Anti-penghematan, Arab Saudai Tahan 11 Putri Kerajaan

Senin, 08/01/2018

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Protes Anti-penghematan, Arab Saudai Tahan 11 Putri Kerajaan

Senin, 08/01/2018

logo

ILUSTRASI

RIYADH - Otoritas hukum Arab Saudi dikabarkan telah menangkap 11 orang putri kerajaan karena mereka menggelar aksi unjuk rasa.

Situs berita Sabq via AFP Sabtu (6/1/2018) melaporkan, ke-11 putri itu menggelar demonstrasi setelah pemerintah kerajaan mengumumkan bakal melakukan aksi penghematan.

Tindakan penghematan itu antara lain dengan berhenti membayar tagihan air dan listrik keluarga kerajaan.

Selain itu, para putri juga menuntut agar Saudi memberikan “kompensasi finansial” setelah salah satu sepupu mereka ditahan tanpa kejahatan yang jelas. “Para putri yang tidak disebutkan identitasnya itu berdemo di depan istana bersejarah, Qasr al-Hokm,” kata Sabq dalam laporannya.

Pengawal kerajaan awalnya mencoba untuk membujuk putri-putri tersebut. Namun, mereka tetap bergeming yang membuat para pengawal memutuskan untuk menangkap dan menahan mereka.

Mereka semua dilaporkan telah ditempatkan di penjara dengan tingkat keamanan tinggi, Ha’ir, dan bakal segera menghadapi persidangan. Ini bukan pertama kalinya otoritas Saudi melakukan penangkapan terhadap keluarga kerajaan.

Pada 4 November 2017, terjadi penahanan terhadap 11 pangeran dan empat menteri, serta puluhan mantan menteri. Di antara 11 pangeran yang ditangkap, terdapat nama miliarder Alwaleed bin Talal.

Perintah penahanan tersebut dikeluarkan oleh komite anti-korupsi pimpinan putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman.

Jaksa Agung Saudi, Sheikh Saud Al Mojeb memperkirakan, Saudi mengalami kerugian hingga 100 miliar dolar AS, sekitar Rp 1.351 triliun, yang dikorupsi sepanjang beberapa dekade terakhir. (kcm)

Protes Anti-penghematan, Arab Saudai Tahan 11 Putri Kerajaan

Senin, 08/01/2018

ILUSTRASI

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.