Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Jembatan Beres, Gunung Tabur ke Tasuk Jadi Lebih Cepat
AKSES masyarakat kini lebih mudah dari Gunung Tabur ke Tasuk dan sebaliknya, dengan melewati jembatan penghubung.
AKSES masyarakat kini lebih mudah dari Gunung Tabur ke Tasuk dan sebaliknya, dengan melewati jembatan penghubung.

Jembatan Beres, Gunung Tabur ke Tasuk Jadi Lebih Cepat

TANJUNG REDEB – Sebelumnya masyarakat harus memutar terlebih dahulu jika ingin masuk ke Kampung Tasuk, dari Kecamatan Gunung Tabur dengan menempuh waktu sekitar 30 menit. Sementara kalau masuk dari Teluk Bayur harus melewati sungai. Kini akses masyarakat jadi lebih mudah, dengan melewati jalur darat, juga melalui jembatan penghubung.
Saat ini, jembatan itu sudah selesai dikerjakan dan mulai dinikmati masyarakat. Terlihat jalur ini sudah menjadi jalan utama yang dilewati masyarakat, jika ingin menyeberang. Dengan adanya jembatan ini maka roda perekonomian masyarakat pun berputar dengan cepat, mengingat jalur penghubung ini lebih dekat dengan Pasar Sangam Adji Dilayas, dimana masyarakat sering memasarkan hasil buminya di sana.
Jembatan sepanjang 50 meter dengan lebar 4 meter dikerjakan sejak Maret lalu dan kini sudah mulai bisa dilintasi masyarakat. Jembatan ini mampu dilintasi kendaraan dengan beban hingga 8 ton. Pekerjaan di lapangan masih dilakukan dengan penataan di sekitar jembatan. Termasuk persiapan dilakukan pengaspalan pada oprit jembatan baik di sisi Gunung Tabur maupun dari arah Tasuk.
Seperti disampaikan PIC Infrastruktur CSR Sambarata PT Berau Coal, La Ode Jazhari, pengaspalan oprit pada sisi Gunung Tabur akan dilaksanakan sepanjang kurang lebih 40 meter dan pada sisi Tasuk sepanjang 45 meter. Dalam beberapa hari kedepan pengaspalan akan dimulai. “Pekerjaan jembatannya sendiri sudah selesai dan sudah bisa dilintasi,” kata La Ode, didampingi Media Relations Farhan Soeprapto.
Sementara Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau, Mappasikra Mappaseleng ingin agar pengerjaan ini bisa dituntaskan, hingga pemasangan penerangan jalan umum (PJU). Tidak hanya di jembatan, namun beberapa titik di sepanjang jalan menuju Kampung Tasuk, diharapkan bisa didukung PJU. (sam)