Sabtu, 20/10/2018

UMK Tarakan Diprediksi Rp3,4 Juta

Sabtu, 20/10/2018

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

UMK Tarakan Diprediksi Rp3,4 Juta

Sabtu, 20/10/2018

logo

Ilustrasi

TARAKAN – Upah Minimum Kota (UMK) Tarakan tahun 2019 diprediksi mencapai Rp3,4 juta. Ini setelah penghitungan UMK yang didasari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, Upah Mimimum Provinsi (UMP), inflasi, dan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) naik sekitar 3 persen.

Kepala Bidang Ketenaga Kerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kota Tarakan, Hanto Bismoko mengemukakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu penetapan UMP Kaltara karena nilainya akan menjadi salah stau poin penetapan UMK Tarakan 2019. 

Jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan KHL, untuk saat ini UMK Tarakan sudah yang paling tinggi di pulau Kalimantan, yakni Rp 3.204.000 dan selama 2018 belum ada perusahaan yang melayangkan keberatan ke Dinas Ketenaga Kerjaan dan Industri.

“Pembahasan UMP itu paling lama 60 hari, sedangkan UMK paling lama 40 hari. Mudah-mudahan awal Nocember kita sudah bisa melakukan rapat pembahasan UMK, dan berdasarkan pengalaman besaran UMK itu selalu naik,” paparnya, Jumat (19/10).

Setelah UMP terbit, maka Dinas Ketenagakerjaan dan Iindustri akan melakukan pemangilan serikat pekerja dan pengusaha untuk mencari titik temu penetapan UMK Tarakan 2019. Nilainya sebenarnya sudah bisa dipastikan naik, tetapi angkanya yang belum bisa diketahui.

“Pembahasan memang selalu alot, tetapi kita tetap mengacu pada PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Sehingga perdebatan-perdebatan bisa kita minimalisir. Tetapi para serikat pekerja yang ada di Tarakan ini 3 yang besar, yaitu Kahut, Kahutindo, dan SBSI. Mereka ini nantinya yang akan melakukan pembahasan dengan para pengusaha yang difasilitasi oleh pemerintah,” paparnya.

Karena saat ini UMK Tarakan sudah yang paling tinggi se Kalimantan, diharapkan serikat perkerja dapat memahami situasi dan kondisi, sehingga akan ada penyamaan dengan daerah lain. Meskipun ada selisih tidak terlalu jauh dari UMK yang sudah ada. (yan)

UMK Tarakan Diprediksi Rp3,4 Juta

Sabtu, 20/10/2018

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.