Selasa, 23/10/2018

KSOP Siagakan 6 Speedboat Jelang Seleksi CPNS

Selasa, 23/10/2018

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

KSOP Siagakan 6 Speedboat Jelang Seleksi CPNS

Selasa, 23/10/2018

logo

Ilustrasi

TARAKAN – Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Kaltara, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan rencananya akan digelar bersamaan di Tanjung Selor, Bulungan. Jumlah peserta CPNS yang mencapai ribuan orang ini diperkirakan akan mengikuti seleksi secara bertahap.

Namun, meski bertahap, Kepala Kantor KSOP Kelas III Tarakan Letkol Marinir Abdul Rahman melalui Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, Syaharuddin menuturkan lonjakan penumpang tetap akan terjadi.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang yang begitu singnifikan dalam pelaksaan tes CPNS, pihaknya akan menambah armada speedboat khususnya tujuan Tarakan-Tanjung Selor.  

“Jadi ada speedboat yang tidak ada jamnya dan penumpang kurang karena kondisi normal dan ada 6 speedboat. Kalau kondisi penumpang ke Tanjung Selor membludak, maka speedboat itu akan diberangkatkan sesuai jamnya,” ujar Syaharuddin.

Pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan dan mengantisipasi jika ada over kapasitas penumpang speedboat yang menjadi peserta CPNS saat tahapan berlangsung di Tanjung Selor nanti.

“Kita akan melakukan pengawasan ketat, dan kita pastikan meski tidak ada lonjakan jumlah penumpang, juga selalu kita tegaskan untuk tidak ada over kapasitas,” katanya.

Ia juga kerap menyampaikan kepada motoris maupun pengelola tiket, jangan sampai ada yang menjual tiket lebih dari jumlah penumpang seharusnya. “Kalau ada saya dapati, pasti akan saya kasih sanksi tegas,” tegasnya.

Sanksi keras apabila terjadinya over kapasitas, selain tidak akan diberikan izin lagi untuk berangkat, pihaknya juga menyampaikan kepada pihak operator speedboat untuk menjual tiket sesuai dengan kapasitas yang terdapat dalam sertifikat kapal.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mewajibkan nahkoda kapal harus memastikan speedboat dalam keadaan layak laut sebelum berlayar. “Kita tetap lakukan pengawasan di lapangan dengan menghitung jumlah penumpang,” tuturnya. 

Diakui Syaharuddin, dalam tahapan CPNS penyerahan berkas lalu belum ada lonjakan jumlah penumpang yang begitu singnifikan, apalagi masa penyerahan berkas CPNS cukup panjang. Namun saat tes CPNS yang sudah dijadwalkan oleh panitia, maka jumlah lonjakan penumpang speedboat diprediksi akan mengalami kenaikan. Dalam proses penyerahan berkas CPNS, rata-rata penumpang per hari yang berangkat dan tiba berjumlah 1.300 penumpang.

“Hari minggu itu ada kenaikan sampai 1.400 penumpang yang berangkat dan tiba,” bebernya. (saf)

KSOP Siagakan 6 Speedboat Jelang Seleksi CPNS

Selasa, 23/10/2018

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.