Kamis, 03/01/2019

BMKG Sebut Cuaca Tarakan Pada Rabu Cukup Ekstrem

Kamis, 03/01/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

BMKG Sebut Cuaca Tarakan Pada Rabu Cukup Ekstrem

Kamis, 03/01/2019

logo

TARAKAN – Berdasarkan pencitraan satelit yang dioperasikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan, hujan lebat yang mengguyur Tarakan dan sekitarnya terbilang cukup eksrem. Selain durasi, intensitanya juga mencapai 100,85 mililiter perjam sehingga sudah masuk dalam kategori ekstrem.

“Hari ini sebagian besar Kalimantan Utara diguyur hujan mulai pagi dini hari sekitar pukul 01.00 Wita hingga sekarang pukul 10.30 Wita belum juga reda. Berdasarkan penghitungan kami intensitasnya mencapai 100,85 mm, sehingga sudah bisa disebut dengan istilah cuaca ekstrem,” terang prakirawan BMKG Tarakan, Wiliam Sinaga, Rabu (2/1).

Lebih lanjut dikatakan Wiliam, bahwa hujan yang normal intensitasnya dibawah 20 mm perjam, kalau sudah mencapai 100 itu masuk dalam kategori ekstrem. Karena selain cukup lebat juga mempengaruhi terjadinya genangan atau banjir, tetapi tergantung dari kondisi lingkungan, bisa saja tidak ekstrem karena saluran pembuangnya bagus, maka ini juga tergantung dari topografi tempatnya.

Kondisi ini sudah diprediksi satu hari sebelumnya, dimana terjadi pertumbuhan awan yang akan menyebabkan hujan di Sembakung, Tulin Onsoi, dan sebagian besar wilayah Kaltara, dengan sebaran awan hujan merata. Dengan pergerakan awan dari Barat Kaltara menuju Tenggara.

“Sampai besok masih berpotensi hujan ringan hingga lebat, tetapi tidak selebat hari ini dan tidak sederas seperti saat ini karena awan sudah mulai menipis. Untuk saat ini hujan cenderung malam hingga dini hari, karena tipikal hujan di Tarakan didominasi malam dan dini hari. Hal ini mungkin karena pengaruh angin laut dan pembentukanya awan yang terjadi pada malam hari,” bebernya.

Untuk prakiraan cuaca pada 3 Januari 2019 lebih ke dominan cerah dan berawan dengan potensi hujan pada malam hari, yang akan terjadi di Malinau, Tarakan, dan Tanjung Selor dengan durasi yang tidak lama.

“Tidak seperti hari ini yang memang cukup ekstrem, sedangkan untuk kondisi gelombang masih terbilang aman meskipun tetap waspada. Untuk di perairan Kaltara mulai dari pesisir Berau sampai Nunukan tinggi gelombang dikisaran 0,5-1,25 meter. Ini tetap perlu diwaspadai bagi nelayan yang menggunakan kapal kecil. Kalau untuk jenis kapal tongkang dan lainya bisa disebut bahaya kalau diatas 1,5 meter,” pungkasnya. (yan)


BMKG Sebut Cuaca Tarakan Pada Rabu Cukup Ekstrem

Kamis, 03/01/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.