Share?

Keadaan Pulau Sangali Mencekam, Telur Penyu Dijarah


korankaltim
korankaltim
    2018-02-10 10:14:26.000000
img

Penyu Hijau tengah bertelur di Pulau Sangalaki. Telur penyu inilah yg jadi incaran penjarah di pulau ini.

KORANKALTIM.COM, TANJUNG REDEB - Kondisi Pulau Sangalaki, Kabupaten Berau mencekam. Petugas Bakali Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim yang berada di Pulau Sangalaki enggan melakukan pengambilan data aktivitas Penyu Hijau dan juga tidak lagi merekolasi telur. Ini semua dikarenakan, sejak sebulan terakhir wilayah Pulau Sangalaki dijarah orang untuk mencuri telur penyu yang dilindungi oleh negara.

"Saya selaku petugas di Pulau Sangalaki, meminta kepada seluruh petugas BKSDA yang ada untuk tidak melakukan aktifitas apapun malam hari. Baik mengambil data aktivitas penyu dan juga tidak merekolasi telur penyu, karena hampir tiap hari oknum masyarakat Pulau Derawan berani datang dan meminta telur penyu itu. Hatchery yang berpagar 2 meter dipanjat dan dibongkar sarang hasil relokasi kami. Paling parah hari ini mereka datang berlima dengan mengancam menggunakan parang dan akan datang kembali malam ini," terang Kepala BKSDA Berau, Aganto Seno kepada Koran Kaltim, kemarin.

Seno juga menerangkan, dalam beberapa bulan terakhir oknum masyarakat kerap datang ke Pulau Sangalaki untuk mengambil telur penyu.  Namun, dikarenakan pada Januari adalah masa yang paling sedikit penyu bertelur, maka mereka berani meminta kepada petugas konservasi.

"Beberapa hari terakhir mereka minta dengan petugas kami. Bulan Januari ini kan paling sedikit penyu bertelur, karena mereka tidak dapat dan sudah mengeluarkan BBM, maka mereka berani meminta, kata dia.

Seno pun meminta maaf kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Ksdae, BKSDA Kaltim, belum berani bekerja karena membahayakan nyawa perugas.

Dia berharap Balai Gakkum Lhk Kalimantan, Pemkab Berau dan Polres Berau dapat membantu demi menjaga penyu yang menjadi ikon Kabupaten Berau ini tetap lestari.


Penulis: Indra

Editor: Firman Hidayat

berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat